Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Hartanya Bertambah Rp 4,1 M Sejak Jabat Walikota Solo, Begini Penjelasan Gibran

LAPORAN: AGUS DWI
  • Kamis, 21 April 2022, 08:31 WIB
Hartanya Bertambah Rp 4,1 M Sejak Jabat Walikota Solo, Begini Penjelasan Gibran
Kekayaan Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka, bertambah Rp 4,1 miliar dalam setahun terakhir/Net
Setahun menjabat sebagai Walikota Solo, harta kekayaan Gibran Rakabuming Raka mengalami penambahan yang signifikan.

Berdasarkan penelusuran di laman elhkpn.kpk.go.id,  pada 2021 Gibran tercatat memiliki total harta sebesar Rp 25.297.783.659. Sementara harta Gibran dalam laporan satu tahun sebelumnya sebesar Rp 21.152.810.130.

Artinya, harta putra sulung Presiden Joko Widodo itu bertambah Rp 4.144.973.529 dalam satu tahun.

Gibran tak menyangkal kekayaanya bertambah Rp 4,1 miliar. Dituturkan Gibran, penambahan itu berasal dari dua lahan yang telah dibeli. Lahan itu terletak di samping dan belakang rumahnya.

"Iya (berasal) dari dua bidang tanah di samping rumah sama belakang. Dua lokasi sesuai dengan laporan di laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN)," ucap Gibran kepada wartawan, Rabu (20/4).

Gibran menyebut lahan tersebut dibelinya secara tunai. Dirinya juga tercatat memiliki hutang senilai Rp 723.586.004. Untuk rumah yang dibelinya dengan cara mengangsur lewat KPR itu adalah rumah yang pertama kali dibeli setelah menikah dengan Selvi Ananda.

"Kalau beli lahan enggak diangsur, cash. Utang itu rumah lama beli lewat KPR. Bukan rumah yang (ditempati) saat ini," papar Gibran, dikutip Kantor Berita RMOLJateng.  

Disinggung mengenai kenaikan kekayaanya, Gibran menyebut di laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) semuanya sudah sangat jelas tercatat.  

"Kalau naik ya tiap tahun pasti naik. Ya dilihat dari history-nya. Sakdurunge jadi pejabat ki ngopo (apa), usaha juga masih jalan," pungkasnya.
EDITOR: AGUS DWI

ARTIKEL LAINNYA