Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gelar Aksi Damai, Ribuan Masyarakat Yapen Dukung DOB Kepulauan Papua Utara

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Kamis, 21 April 2022, 14:43 WIB
Gelar Aksi Damai, Ribuan Masyarakat Yapen Dukung DOB Kepulauan Papua Utara
Situasi aksi damai mendukung pembentukan DOB provinsi Kepulauan Papua Utara di halaman gedung DPRD Kabupaten Kepulauan Yapen/RMOLPapua
rmol news logo Ribuan masyarakat Yapen dari berbagai komponen menggelar aksi damai mendukung pembentukan Daerah Otonom Baru (DOB) Provinsi Kepulauan Papua Utara, Rabu (20/4). Aksi diawali dengan longmarch dari alun-alun lapangan Trikora Serui dan berakhir di kantor DPRD Yapen.

Kehadiran masyarakat di halaman gedung DPRD Kabupaten Kepulauan Yapen  itu diterima langsung oleh Ketua DPRD, Yohanis Raubaba dan Waket II, Fredolin Warkawani beserta anggota dewan lainnya.

Usai diterima oleh anggota dewan, perwakilan masyarakat yang dikoordinir oleh tim kerja deklarasi pembentukan DOB Provinsi Kepulauan Papua Utara bersama  perwakilan ketua-ketua suku melakukan orasi dan memberikan pernyataan sikap  mendukung penuh pembentukan DOB ini.

Ketua Tim Deklarasi Pembentukan DOB Kepulauan Papua Utara, Mikha Runaweri mengatakan, aspirasi masyarakat Kabupaten Kepulauan Yapen di wilayah adat Saireri  yang telah disampaikan oleh pemerintah melalui DPR hanya satu, yakni menginginkan pembentukan DOB Provinsi Kepulauan Papua Utara.

"Hanya itu keinginan masyarakat Yapen sehingga kami hadir untuk menyampaikan dan menyerahkan langsung kepada dewan perwakilan rakyat kabupaten kepulauan Yapen," ucap mantan Ketua DPD KNPI Yapen itu melalui keterangan yang Kantor Berita RMOLPapua, Rabu (20/4).

Dirinya berharap aspirasi yang telah disampaikan secepatnya ditindaklanjuti sesuai mekanisme, mengikuti agenda-agenda pembahasan di DPR RI. Sehingga proses aspirasi ini dapat diakomodir dan dijawab oleh pemerintah pusat melalui rencana atau program pemerintah.

Tujuan pembentukan DOB Provinsi Kepulauan Papua Utara sendiri, lanjut Mikha, hanya satu yaitu untuk mensejahterakan masyarakat di wilayah teluk cendrawasih juga memperpendek pelayanan pemerintah kepada masyarakat. Apalagi wilayah teluk Saireri ini juga mempunyai jasa yang besar bagi bangsa dan negara.

Sementara itu, Ketua DPRD Yapen, Yohanis Raubaba menyampaikan, usai menerima aspirasi masyarakat dan tim kerja pembentukan DOB Provinsi Kepulauan Papua Utara pihaknya segera menindaklanjuti dengan menggelar rapat, mengingat kalender kerja tahunan DPR RI dalam menetapkan daerah otonom baru tinggal beberapa hari ke depan.

"Kami akan segera rapatkan dengan pemerintah daerah, karena ini menyangkut beberapa kabupaten di antaranya Kabupaten Biak Numfor, Waropen, Supiori, dan Nabire. Sehingga kami harus diskusikan dengan rekan-rekan kabupaten tersebut," terang Yohanis.

Untuk itu Yohanis meminta kepada masyarakat yang telah menyampaikan aspirasi untuk dapat memberikan waktu kepada pihaknya agar dapat bekerja hingga  beberapa hari ke depan. Sehingga apa yang menjadi harapan masyarakat dalam mewujudkan DOB akan disampaikan sesuai mekanisme dan aturan di Negara Kesatuan Republik Indonesia ini. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA