Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Erick Thohir: Wanita Indonesia adalah Tulang Punggung Ekonomi Maupun Karakter Bangsa Kita

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Kamis, 21 April 2022, 18:55 WIB
Erick Thohir: Wanita Indonesia adalah Tulang Punggung Ekonomi Maupun Karakter Bangsa Kita
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir/Net
rmol news logo Peranan ibu-ibu yang berkutat dalam dunia usaha ultra mikro bakal didukung perkembangannya oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

"Saya, sebagai menteri BUMN akan memastikan menjaga, mendampingi, mendorong keberpihakan kepada UMKM ultra mikro kepada ibu-ibu yang harus ditingkatkan," ujar Erick dalam acara BRI Woman 2022 yang disiarkan kanal Youtube Bank BRI pada Kamis (21/4).

Menurut Erick, sumbangsih pelaku usaha perempuan, utamanya ibu-ibu, terhadap perekonomian Indonesia cukup tinggi. Karena itu, dia melabeli mereka sebagai pahlawan wanita Indonesia yang ada setelah RA Kartini Djojo Adhiningrat, Cut Nyak Dien dari Aceh, dan juga Dewi Sartika dari Jawa Barat.

"Kalau pertanyaannya apakah ada pahlawan baru setelah mereka (pahlawan wanita Indonesia) lahir? Ada, tentu para wanita, ibu-ibu, adik-adik yang ada di depan saya," kata Erick.

"Kenapa? Sudah dibuktikan data-data. Kita akan menjadi negara maju bilamana kekuatan daripada wanita-wanita kita terus mendorong pertumbuhan ekonomi kita," sambungnya.

Dalam kesempatan itu, mantan pemilik klub sepak bola Inter Milan ini bercerita tentang perjuangan ibunya yang juga menjadi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) sewaktu dirinya kecil, dengan tanpa menafikan kewajibannya sebagai seorang ibu rumah tangga.

"Saya menyaksikan sendiri bagaimana ibu saya berjualan dari pagi sampai sore. Memastikan juga merawat anaknya, kapan belajar, istirahat, main, kapan pulangnya, belum lagi menyiapkan makan malam. Itu salah satu kekuatan saya hari ini karena peranan ibu. ibu saya mengajarkan disiplin yang luar biasa," paparnya.

Lebih lanjut, Erick mengutip sebuah hadis yang menggambarkan kedudukan seorang perempuan, dalam hal ini seorang ibu.

Dari hadis tersebut, dia mengaku mendapat sebuah pembelajaran penting tentang peran penting wanita dalam pembangunan, baik dari segi ekonomi maupun pembangunan karakter bangsa.

"Sesuai hadis, yang selalu kita pelajari. Bagaimana Rasulullah SAW bicara yang namanya ibu itu 3 kali disebutkan, baru bapak. Artinya apa? Ibu-ibu adalah faktor tulang punggung. Wanita Indonesia adalah tulang punggung daripada ekonomi kemajuan bangsa kita ke depan maupun karakter bangsa kita," tuturnya.

"Jangan sampai kita menjadi negara maju tapi negara yang tidak punya budi daya, tidak punya karakter. Padahal kunci kesuksesan adalah di rumah tangga," demikian Erick. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA