Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

PKS Dorong Pemerintah Lobi Arab Saudi agar Bisa Berangkatkan 160 Ribu Jemaah Haji

LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Jumat, 22 April 2022, 13:39 WIB
PKS Dorong Pemerintah Lobi Arab Saudi agar Bisa Berangkatkan 160 Ribu Jemaah Haji
Kabah di Mekah/Net
Pemerintah Indonesia diminta bisa memperoleh kuota haji tambahan dari Kerajaan Arab Saudi. Pasalnya, banyak negara-negara yang tidak memberangkatkan jemaah hajinya di tahun ini.

Anggota Komisi VIII DPR RI Bukhori Yusuf menilai, pemerintah bisa memanfaatkan kuota kosong itu dengan melobi kerajaan Arab Saudi untuk mengalihkan kuota negara-negara tersebut ke Indonesia.

“Kami mendorong agar 164 ribu jemaah haji yang layak berangkat tahun ini dapat diberangkatkan semuanya,” ujarnya kepada wartawan, Jumat (22/4).

Adapun kuota haji yang akan berangkat di tahun ini, sebagaimana disampaikan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, sebesar 100.051 jemaah haji. Di mana kloter pertama akan diberangkatkan pada tanggal 4 Juni 2022.

Kembali ke Bukhori. Legislator dari Fraksi PKS ini juga kembali mengusulkan agar Presiden Jokowi berkenan melakukan komunikasi tingkat tinggi dengan Raja Salman untuk merealisasikan kuota tambahan tersebut.

Terlebih Imdonesia saat ini memegang jabatan sebagai Presiden G20, di mana Arab Saudi tergabung di dalamnya, posisi Indonesia semestinya bisa melobi agar Arab Saudi menambahkan kuota hajinya ke Indonesia.

“Kami berharap kesempatan memimpin grup kerjasama global di bidang ekonomi dan pembangunan yang bergengsi ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh Pemerintah Indonesia sehingga turut berdampak positif secara nyata bagi masyarakat, khususnya jemaah haji kita,” ujarnya.

ARTIKEL LAINNYA