Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Habib Umar Alhamid: Punya Sejarah Baik, Wajar TNI AD dan Islam Tak Bisa Dipisahkan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Jumat, 22 April 2022, 14:23 WIB
Habib Umar Alhamid: Punya Sejarah Baik, Wajar TNI AD dan Islam Tak Bisa Dipisahkan
Ketua Umum Generasi Cinta Negeri (Gentari) Habib Umar Alhamid/Net
rmol news logo Tentara Nasional Indonesia (TNI) khususnya Angkatan Darat (AD) dan rakyat, utamanya umat Islam adalah dua variabel yang saling mengikat dan tidak dapat dipisahkan.

Dikatakan Ketua Umum Generasi Cinta Negeri (Gentari) Habib Umar Alhamid, keeratan hubungan itu karena dalam sejarahnya kelahiran TNI berasal dari berbagai laskar umat Islam yang berjuang melawan Belanda dalam merebut kemerdekaan Indonesia.

"Dilihat dari sejarah TNI dan umat Islam tidak bisa dipisahkan karena keduanya mempunyai sejarah ikatan masa lalu yang baik," ujar Habib Umar kepada wartawan, Jumat (22/4).

"Jadi wajar jika sekarang ini TNI AD dan umat Islam itu dekat, karena keduanya punya ikatan emosional yang kuat sejak TNI itu belum terbentuk," sambungnya.

Berdasarkan sejarah, dijelaskan Habib Umar, TNI terlahir dari berbagai laskar umat Islam yang berjuang melawan Belanda dalam merebut kemerdekaan. Laskar adalah kata serapan dari Bahasa Arab yang artinya tentara.

Lanjutnya, eratnya hubungan sejarah itu massih terlain sampai hari ini. Terkini, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman bahkan mengimplementasikan hubungan baik itu dengan menggelar kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) untuk prajurit.

"Kami apresiasi kegiatan MTQ yang digelar KSAD Jenderal Dudung Abdurachman dilingkungan Angkatan Darat, untuk membekali prajurit yang berakhlaq Islami," katanya.

Dia pun berharap, eratnya hubungan baik TNI dan Islam juga terjalin di antara elemen lain seperti Polri dan Kejaksaan dalam mendukung jalannya kepemimpinan Presiden Joko Widodo dalam membesarkan nama Indonesia di peta politik internasional.

"Sehingga keinginan pemerintah untuk menjadikan Indonesia menjadi negara maju dan disegani oleh dunia internasional bisa menjadi kenyataan," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA