Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Digitalisasi Penyiaran Berkualitas, Ketua Komisi I Pimpin Kick Off ASO di Sumatera Utara

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Jumat, 22 April 2022, 20:34 WIB
Digitalisasi Penyiaran Berkualitas, Ketua Komisi I Pimpin <i>Kick Off</i> ASO di Sumatera Utara
Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid memukul gong pada acara kick off pelaksanaan Analog Switch Off/Net
rmol news logo DPR RI bersama pemerintah dalam hal ini Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bulatkan komitmen dalam upaya mewujudkan digitalisasi penyiaran nasional yang berkualitas melalui program Analog Switch Off (ASO). Selain sebagai tuntutan perkembangan global, ASO juga memberikan banyak manfaat kepada masyarakat Indonesia.

Begitu disampaikan Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid dalam sambutannya pada acara kick off pelaksanaan Analog Switch Off Tahap 1 di Kota Medan, Sumatera Utara, Jumat (22/4).

Meutya Hafid mengatakan, era digital telah membawa begitu banyak perubahan yang berakibat pada banyaknya tantangan yang hanya bisa diselesaikan dengan kolaborasi bukan berkompetisi.

"Itulah mengapa acara hari ini, adalah sebagai sebuah langkah lanjutan dari keseriusan kami, Komisi I DPR RI dengan Kemkominfo untuk bersama mewujudkan tayangan penyiaran yang berkualitas melalui Analog Switch Off," kata Meutya Hafid dalam keterangan tertulisnya.

Legislator Partai Golkar itu mengungkapkan, digitalisasi penyiaran bukanlah hal yang sederhana. Tetapi, diperlukan adanya sinergitas, koordinasi, dan kolaborasi yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan.

"Ini tentunya sudah menjadi komitmen bersama, antara Komisi I DPR RI dengan pemerintah dalam upaya mewujudkan digitalisasi penyiaran nasional," katanya.

Meutya Hafid optimis migrasi teresterial televisi analog menjadi digital akan membuka lapangan pekerjaan secara masif di sektor penyiaran. Mengingat, kebijakan tersebut berpotensi mengembangkan industri penyiaran dalam negeri ke tingkat yang lebih tinggi.

Adanya ASO, lanjutnya, akan mendorong keberagaman konten pada industri penyiaran di dalam negeri dalam beberapa waktu ke depan.

"Dengan begitu, kebutuhan akan pemain terutama para generasi muda dan berbagai pendukung suatu penyiaran dapat berjalan akan sangat dibutuhkan untuk memproduksi produk-produk penyiaran yang diharapkan bisa menghadirkan konten yang berisi nilai-nilai pendidikan bagi masyarakat," pungkasnya.

Dalam acara itu, Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kominfo, Usman Kansong mengungkapkan, dengan adanya ASO akan terjadi efisiensi spektrum frekuensi atau digital dividen sebesar 112 MHz yang dapat digunakan untuk peningkatan kualitas layanan internet dan 5G, peringatan dini bencana, ekonomi digital, pendidikan, dan kesehatan

Manfaat lainnya kata dia, adalah pemerataan siaran TV yang berkualitas karena lebih stabil dan tahan terhadap gangguan.

"Sehingga gambarnya lebih bersih dan suaranya lebih jernih, terbuka peluang munculnya channel dan program baru sehingga tontonan semakin beragam, hingga berpotensi menumbuhkan 232 ribu lapangan pekerjaan baru," jelasnya.

Dalam pelaksanaannya, ASO terbagi menjadi 3 tahap. Tahap pertama 30 April 2022, tahap kedua 25 Agustus 2022, dan tahap ketiga 2 November 2022. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA