Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Legislator PAN Ingatkan Rekam Jejak Digital Bisa Rusak Reputasi jika Tidak Dijaga

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Jumat, 22 April 2022, 21:59 WIB
Legislator PAN Ingatkan Rekam Jejak Digital Bisa Rusak Reputasi jika Tidak Dijaga
Anggota Komisi I DPR RI Slamet Ariyadi/Net
rmol news logo Masyarakat harus bijak dalam menggunakan media sosial karena rekam jejak akan sangat mudah ditelusuri seiring berkembangnya dunia digital yang begitu massif hari-hari belakangan ini.

Begitu dikatakan anggota Komisi I DPR RI Slamet Ariyadi saat berbicara dalam webinar diselenggarakan oleh Aptika Kominfo bersama DPR RI, dengan tema “Kenali dan Pahami Rekam Jejak di Dunia Digital”, Jumat (22/4).

Slamet meminta masyarakat memahami rekam jejak digital untuk mengantisipasi dan menyadarkan diri dalam menggunakan perangkat digital agar dapat menghampiri hal-hal yang positif dan menghindari hal-hal yang negatif.

“Kita perlu bijak, pandai dan cerdik dalam menggunakan platform digital, karena jika kita masuk dalam dunia digital, namun tidak diimbangi dengan pemahaman yang baik, maka akan terjebak dalam dunia digitalisasi ini," kata Slamet.

Dijelaskan legislator PAN ini, Rekam jejak digital merupakan data yang tertinggal dari serangkaian aktivitas yang dapat dilacak di semua perangkat digital. Rekam jejak digital yang tertinggal dapat mempengaruhi kehidupan pengguna, baik itu reputasi, privasi, bahkan keamanan pengguna.

"Namun, jejak digital dapat memberi manfaat, namun juga dapat membahayakan pengguna. Sebab itu, memahami rekam jejak digital perlu dilakukan, agar dapat tersadar akan pentingnya menjaga jejak digital," terangnya.

Selain Slamet, turut hadir pembicara lainnya Semuel A. Pangarepan selaku Dirjen Aplikasi dan Informatika, dan Ayu Ariyanti, selaku Key Opinion Leader. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA