Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Koalisi Peduli Jakarta Dukung Teguh Santosa Maju sebagai Senator Jakarta

LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Sabtu, 23 April 2022, 15:12 WIB
Koalisi Peduli Jakarta Dukung Teguh Santosa Maju sebagai Senator Jakarta
Dewan Pendiri Koalisi Peduli Jakarta (KPJ), Hilman Firmansyah/Ist
Kesiapan wartawan senior yang juga seorang dosen, Teguh Santosa untuk maju dalam Pemilu 2024 sebagai calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI disambut positif oleh masyarakat Jakarta.

Berbagai elemen masyarakat telah menyampaikan dukungan, salah satunya dari Dewan Pendiri Koalisi Peduli Jakarta (KPJ), Hilman Firmansyah.

Bagi Hilman, sosok Teguh Santosa sudah tidak asing lagi di kalangan aktivis dan jurnalis. Pendiri Kantor Berita Politik RMOL ini, pernah menjadi Ketua bidang Luar Negeri PWI Pusat dan anggota Dewan Kehormatan PWI Pusat.

Dia juga pernah menjabat sebagai Wakil Presiden Konfederasi Wartawan ASEAN (CAJ) mewakili PWI.

Hilman menegaskan, Koalisi Peduli Jakarta merupakan wadah masyarakat dalam memajukan Kota Jakarta serta sebagai kontrol sosial terhadap kebijakan Pemprov Jakarta maupun pembangunan dikota Jakarta.

Ia mengenal Teguh Santosa sebagai sosok yang ramah, tegas, berani, profesional, serta memiliki leadership yang tinggi.

Pilihan Teguh sudah tepat karena Jakarta butuh figur senator yang berintegritas dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat dalam memperjuangkan aspirasi serta memiliki visi dan misi memajukan dan menyejahterakan Jakarta," kata Hilman, Sabtu (23/4).

Teguh Santosa kini memimpin organisasi perusahaan media online, Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI), salah satu konstituen Dewan Pers. Teguh kerap memimpin delegasi wartawan Indonesia dalam program pertukaran kunjungan ke sejumlah negara.

Ia memiliki ketertarikan yang tinggi pada berbagai isu luar negeri dan kerap melakukan perjalanan untuk meliput berbagai peristiwa politik global dan menjadi pembicara di forum-forum internasional.

Pada tahun 2011 dan 2012, misalnya, Teguh Santosa diundang berbicara di Komisi IV PBB yang membidangi isu politik khusus dan dekolonisasi mengenai sengketa di Sahara Barat, Maroko.

Pada tahun 2019 Teguh Santosa menjadi salah seorang pembicara dalam Konferensi Wartawan Dunia di Seoul tentangh perdamaian Semenanjung Korea. Terakhir, pada bulan Februari 2022 lalu Teguh Santosa berbicara di Caracas, Venezuela, mengenai kaitan media dan revolusi.  

Selain sebagai wartawan, alumni Universitas Padjadjaran dan University of Hawaii at Manoa (UHM), Amerika Serikat, ini juga dikenal sebagai pengajar.

Ia aktif mengajar di Jurusan Hubungan Internasional UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta, dan pernah aktif mengajar di London School of Public Relations (LSPR) Jakarta. Teguh Santosa juga pernah menjadi Wakil Rektor Universitas Bung Karno (UBK) Jakarta.
EDITOR: DIKI TRIANTO

ARTIKEL LAINNYA