Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Nasdem Minta Pemerintah Antisipasi Kemunculan Pasar Kaget saat Mudik Lebaran

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Minggu, 24 April 2022, 07:32 WIB
Nasdem Minta Pemerintah Antisipasi Kemunculan Pasar Kaget saat Mudik Lebaran
Ketua Fraksi Nasdem Roberth Rouw/Net
rmol news logo Potensi kemacetan dalam mudik lebaran tahun 2022 cukup besar. Ini lantaran antusiasme masyarakat untuk mudik yang tinggi.

Untuk itu, segala hal yang dapat menimbulkan kemacetan perlu diantisipasi. Salah satu yang harus diperhatikan adalah pasar kaget atau pasar tumpah di jalur mudik.

"Diprediksi ada 85 juta pemudik. Kan tidak semuanya menggunakan jalur tol, justru banyak yang menggunakan jalan non-tol. Nah, biasanya banyak pasar kaget," ujar Ketua Fraksi Nasdem Roberth Rouw kepada wartawan, Minggu (24/4).

Dari pengalaman mudik sebelumnya, pasar kaget atau pasar tumpah memang kerap menjadi biang kerok kemacetan lalu lintas yang ada di jalur mudik lebaran. Robert Rouw berharap, pemerintah bisa mengantisipasi kemunculan pasar kaget atau pasar tumpah ini.

“Harus dijaga karena setiap mudik lebaran, ini (pasar kaget) yang membuat kemacetan,” imbuhnya.

Teknisnya, petugas dari Kementerian PUPR, Dinas Perhubungan, maupun Korlantas Polri harus menyiapkan langkah antisipatif. Jangan sampai terjadi kemacetan panjang akibat pasar tumpah ini.

Sedangkan untuk mudik di jalur tol, Wakil Ketua Komisi V DPR itu mengingatkan agar para petugas di lapangan benar-benar sigap melihat situasi dan kondisi yang ada.

Artinya, jika ada tanda-tanda trafik kendaraaan mulai padat atau kemacetan, maka perlu dilakukan berbagai skema antisipasi. Misalnya dengan memberlakukan one way atau contraflow di jalur tol.

Dia yakin dengan berbagai kebijakan yang diberlakukan akan mengurangi kemacetan yang ada. Apalagi, pembangunan infrastruktur jalan tol sudah sangat bagus dan baik.

"Potensi kemacetan setidaknya bisa berkurang karena infrastruktur sudah baik. Bisa mengurangi kemacetan dan kecelakaan bisa ditekan,” sambungnya.

Selain itu, politisi yang berasal dari daerah pemilihan Papua ini berpesan agar masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan ketika mudik.

"Kita harapkan masyarakat tetap mengedepankan prokes dengan menggunakan masker, kenapa ini penting karena masyarakat di lapangan sudah abai dan bebas sekali," pesannya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA