Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Ganjar Masih Kuat Menuju 2024, Erick Berpotensi Lewati Sandi

LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Selasa, 26 April 2022, 19:40 WIB
Ganjar Masih Kuat Menuju 2024, Erick Berpotensi Lewati Sandi
Direktur Eksekutif Indikator Politik, Burhanudin Muhtadi/Net
Survei kandidat calon presiden 2024 yang digelar Indikator Politik pada 14-19 April 2022 masih menempatkan Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan di posisi tiga besar.

Jika pemilihan presiden diadakan hari ini, maka Gubernur Jawa Tengah itu unggul dengan 26,7 persen. Diikuti Prabowo dengan 23,9 persen, dan Anies Baswedan dengan 19,4 persen.

Di luar tiga nama tersebut masih berada di bawah 10 persen. Sebut saja Ridwan Kamil dengan 3,5 persen, Agus Harimurti Yudhoyono dengan 3,2 persen, Sandiaga Uno dan Erick Thohir sama-sama 2,4 persen.

Menariknya, ada tren yang berbeda dialami Sandiaga dan Erick Thohir.

"Sandiaga dan Erick Thohir sama-sama 2,4 persen. Mas Sandi pernah jadi cawapres tapi kini tren elektabilitasnya turun. Sebaliknya Erick semakin meningkat," ujar Direktur Eksekutif Indikator Politik, Burhanudin Muhtadi dalam keterangan persnya, Selasa (26/4).

Erick yang juga menjabat Menteri BUMN kini masuk dalam kisaran 6 besar dalam kontestasi Capres 2024. Burhanuddin menilai, ada pergerakan yang signifikan terkait elektabilitas Erick dan Sandi yang kini berada di level yang sama.

Burhan menjelaskan, potensi kenaikan elektabilitas Erick masih terbuka. Pasalnya Erick masih punya ruang cukup besar untuk meningkatkan popularitasnya.

Sebaliknya, banyak tokoh yang ruang popularitas sudah pada titik maksimal, sehingga sulit mengharapkan kenaikan elektabilitas dari sisi popularitasnya.
EDITOR: DIKI TRIANTO

ARTIKEL LAINNYA