Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Korps PMII Putri: Gagasan Islam Merah Putih adalah Perkawinan Islam Nusantara dan Islam Berkemajuan

LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Selasa, 26 April 2022, 22:29 WIB
Korps PMII Putri: Gagasan Islam Merah Putih adalah Perkawinan Islam Nusantara dan Islam Berkemajuan
Ketua Umum Korps Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Putri, Maya Muizatil Lutfillah/Ist
Gagasan Islam Merah Putih seperti titik balik dari realitas sosial masyarakat belakangan ini di mana kelompok nasionalis seolah berhadap-hadapan dengan kelompok religius atau agama.

Begitu dikatakan Ketua Umum Korps Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Putri, Maya Muizatil Lutfillah saat berbicara dalam diskusi Politik Indonesia Point seri 6 bertajuk "Islam Merah Putih Puan Maharani" yang digelar di Jakarta, Selasa (26/4).

“Sejujurnya apa yang disampaikan Ibu Puan tentang Islam Merah Putih sangat menarik. Gambaran selama ini yang orang lihat kan beliau nasionalis sejati yang kerap dihadap-hadapkan dengan agama," kata Maya.

Menurut Maya, Ketua DPR RI Puan Maharani dengan menggagas Islam Merah Putih, menunjukkan kemampuan menerjemahkan dengan baik keberagaman aliran keagamaan bahkan di dalam agama Islam sendiri.

Kata dia, gagasan Puan itu seperti mengawinkan konsep Islam Nusantara yang digagas Nahdlatul Ulama (NU) dan Islam Berkemajuan yang digagas Muhammadiyah dengan idenya mengenai Islam Nusantara yang Berkemajuan.

“Maka ketika dalam beberapa kesempatan beliau menyampaikan bahwa visi Islamnya adalah Islam Nusantara yang berkemajuan, ya Islam Merah Putih itu sebenarnya. Sebuah pengakuan beliau akan kemajemukan agama sehingga tidak terjadi kesalahpahaman," katanya.

"Jadi apa yang beliau sampaikan sebenarnya adalah gambaran utuh persatuan di atas kemajemukan pemahaman itu. Islam ya Merah Putih itu,” pungkasnya.

ARTIKEL LAINNYA