Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Setop Ekspansi Sawit Korporasi dan Mulai Bangun Industri Pengolahan CPO

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Selasa, 26 April 2022, 23:30 WIB
Setop Ekspansi Sawit Korporasi dan Mulai Bangun Industri Pengolahan CPO
Ilustrasi/Net
rmol news logo Pemerintah didorong untuk tegas dalam melakukan pengawasan dan evaluasi terhadap korporasi industri perkebunan sawit yang cenderung tidak kooperatif selama ini.

Hal ini disampaikan Wakil Ketua III Dewan Perwakilan Daerah (DPD RI), Sultan Bachtiar Najamudin, menyusul ditetapkannya tiga petinggi perusahaan perkebunan sawit yang diduga terlibat dalam praktik mafia pengaturan perdagangan minyak goreng beberapa waktu yang lalu.

"Keberanian pemerintah dalam mengintervensi pasar, harus dimulai sejak awal dengan skema kebijakan yang win-win solution kepada para pelaku bisnis perkebunan sawit swasta yang memonopoli hampir 56 persen dari 16,4 juta hektare lahan sawit Indonesia saat ini,” ucap Sultan dalam keterangannya, Selasa (26/4).

"Tentunya dengan pendekatan politik kebijakan yang mengedepankan kepentingan nasional,” imbuhnya.

Menurutnya, upaya memproteksi kepentingan nasional harus dilakukan dengan berbagai cara, termasuk membatasi penguasaan lahan secara terukur kepada konglomerat sawit.

Jangan sampai perusahaan perkebunan sawit yang memiliki alat produksi itu justru mendominasi penggunaan lahan yang diberikan oleh negara melalui skema Hak Guna Usaha (HGU).

"Sehingga mereka tidak kemudian merasa superior, apalagi sampai bandel terhadap ketentuan Domestik Market Obligation (DMO) pemerintah. Dan pada akhirnya negara harus menuruti skema harga yang ditentukan oleh para konglomerat sawit dan mengorbankan kepentingan nasional,” paparnya.

Dengan treatment kebijakan pembatasan penguasaan lahan sawit yang dikombinasikan dengan pembangunan pabrik CPO dan minyak goreng oleh BUMN dan BUMD, lanjutnya, seharusnya petani tidak harus menanggung dampak kebijakan pelarangan ekspor CPO dan minyak goreng yang dilakukan pemerintah saat ini.

"Kami sangat menghargai intervensi kebijakan pemerintah yang secara mengejutkan menutup keran ekspor CPO, meskipun harus diakui hal itu juga berdampak langsung pada penurunan Nilai Tukar Petani sawit di daerah," ucapnya.

"Semoga kebijakan ini tidak berlangsung lama, dan pemerintah segera memperbarui sistem pengelolaan industri sawit nasional secara profesional dan proporsional,” demikian Sultan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA