Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

DPR Dorong Operator Seluler Bangun Infrastruktur Telekomunikasi hingga ke Pelosok

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Rabu, 27 April 2022, 09:22 WIB
DPR Dorong Operator Seluler Bangun Infrastruktur Telekomunikasi hingga ke Pelosok
Anggota Komisi I DPR RI, Bobby Adhityo Rizaldi/Net
rmol news logo Pemerataan infrastruktur jaringan dan transformasi digital mutlak harus dilakukan merata agar digitalisasi bisa dirasakan semua kalangan masyarakat.

Guna mewujudkan hal itu, operator seluler diminta membangun jaringan telekomunikasi hingga ke daerah terpencil.

"Komisi I mendorong operator seluler membangun jaringan hingga ke daerah terpencil. Ini juga wujud dari prinsip keadilan sosial," kata Anggota Komisi I DPR RI, Bobby Rizaldi dalam webinar bertema "Pentingnya Pemerataan Pembangunan Infrastruktur Telekomunikasi Guna Mendukung Terwujudnya Konektivitas Wilayah serta Pemulihan Ekonomi Nasional", Selasa (26/4).

DPR sendiri turut mendorong pemerataan insfrastruktur digital di seluruh wilayah, seperti halnya dengan menciptakan regulasi yang fair.

"Seperti UU Cipta Kerja dan juga menyetujui pagu anggaran Kementerian Kominfo tahun 2022 sebesar Rp 21,79 triliun," lanjut politisi Golkar ini.

Sementara itu, Perwakilan Kemenkominfo, Bangsawan mengatakan bahwa sejumlah tantangan serta strategi  dihadapi Kemenkominfo dalam rangka mendorong pemerataan infrastruktur telekomunikasi ke berbagai wilayah.

Tantangan tersebut berupa ketersediaan infrastruktur pendukung seperti jalan tower, listrik, dan lain-lain serta pentingnya dukungan perizinan dari Pemerintah Daerah.

"Misalnya terkait izin tower. Di samping itu kami juga sedang berupaya menyiapkan talenta digital yang kompeten dan berdaya saing serta mengembangkan pemanfaatan use case 5G dan Iot di sektor Industri," kata Bangsawan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA