Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Azmi Syahputra: Tertangkapnya Ade Yasin Menambah Deretan Kasus Korupsi dalam Satu Keluarga

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Rabu, 27 April 2022, 16:28 WIB
Azmi Syahputra: Tertangkapnya Ade Yasin Menambah Deretan Kasus Korupsi dalam Satu Keluarga
Rahmat Yasin dan Ade Yasin/Net
rmol news logo Tangkap tangan yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kepada Bupati Bogor Ade Yasin menambah rentetan kasus kejahatan rasuah yang dilakukan dalam lingkaran keluarga.

Ade Yasin merupakan adik dari mantan Bupati Bogor Rahmat Yasin yang lebih dulu berperkara rasuah di KPK.

Rahmat Yasin yang saat itu menjabat Bupati Bogor periode 2009-2014, ditangkap KPK terkait dugaan suap alih fungsi 2.754 hektar lahan hutan di kawasan Bogor dan Puncak. KPK turut menyita uang Rp 1,5 miliar diduga suap alih fungsi lahan tersebut.

Dosen hukum pidana Universitas Trisakti Azmi Syahputra mengatakan, deretan tren keluarga yang masuk dipusaran korupsi menunjukkan idealisme pejabat yang korup semakin bergeser pada trend negatif.

"Hal ini menunjukkan perbuatan korupsi yang dilakukan dalam keluarga selain pola suami istri yang jadi pelaku korupsi, kini kasus Bupati Bogor pun menambah deretan korupsi keluarga berupa adik kakak yang korupsi," ujar Azmi kepada Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (27/4).

Dikatakan Azmi, seharusnya perilaku koruptif yang dilakukan anggota keluarga lainnya menjadi pelajaran penting dalam membangun benteng tidak terulangnya kejadian yang sama.

Sehingga, lanjutnya, apabila ada anggota kelaurga yang mulai goyah dan mengarah pada tindakan-tindakan yang menyimpang termasuk hal-hal yang terindikasi mengabaikan nilai-nilai antikorupsi. Semestinya dia bisa menghindari dan menolak.

"Ini kok malah merasionalisasi bahkan cari alasan pembenaran dengan sengaja guna mengikuti anggota keluarganya untuk sama -sama melakukan korupsi," sesalnya.

Azmi pun berharap, masyarakat juga bisa belajar dari kejadian korupsi keluarga yang dilakukan Ade Yasin. Terutama, cermat dalam memilih pemimpin dalam setiap gelaran pemilu.

"Ke depan mendorong semua lapisan masyarakat harus semakin cerdas memilih pemimpin pada pemilu, dan masyarakat harus makin bersatu untuk aktif perang mendukung pemberantasan korupsi guna mendapatkan pemimpin yang amanah," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA