Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Andre Rosiade Apresiasi Keberhasilan Densus 88 Antiteror Ajak Ratusan Anggota NII Cabut Baiat

LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Kamis, 28 April 2022, 09:58 WIB
Andre Rosiade Apresiasi Keberhasilan Densus 88 Antiteror Ajak Ratusan Anggota NII Cabut Baiat
Anggota DPR RI Andre Rosiade/Net
RMOL. Langkah Detasemen Khusus 88 Antiteror bersama dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan Pemerintah Kabupaten Dharmasraya dalam menangani penyebaran kelompok Negara Islam Indonesia (NII) mendapat apresiasi anggota dewan.

Sebanyak 391 orang anggota kelompok NII di Sumatera Barat telah menyatakan ikrar setia pada NKRI. Mereka mengaku sadar bahwa organisasi yang diikuti terlarang. Cabut baiat massal tahap I ini dilakukan di Kantor Bupati Dharmasraya, Sumatera Barat, Rabu (27/4). Acara digelar atas inisiasi Densus 88 Antiteror Polri dengan pemerintah daerah setempat.

Anggota DPR RI Andre Rosiade yang berasal dari Daerah Pemilihan (Dapil) Sumatera Barat I bersyukur lantaran upaya bersama itu berhasil menginisiasi cabut baiat ratusan anggota kelompok NII. Apalagi langkah yang dilakukan melalui upaya persuasif.

"Alhamdulillah, kami sangat mengapresiasi kinerja Densus 88 yang berhasil menginisiasi 391 orang anggota NII Sumbar untuk berikrar setia terhadap NKRI dan mencabut baiat mereka,” ujar Ketua DPD Gerindra Sumatera Barat itu kepada wartawan, Kamis (28/4).

Andre menilai, langkah soft approach dalam penanganan kasus terorisme penting dilakukan dan harus dikedepankan dalam mengantisipasi gerakan radikal.

"Jadi dengan pendekatan humanis, mereka bisa diarahkan ke jalan yang benar. Pendekatan soft approach dari Densus 88 ini memang harus dilakukan daripada hard approach," tegasnya.

ARTIKEL LAINNYA