Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dunia di Ambang Krisis Sistemik, Anis Matta: Partai Gelora Tidak Tertarik Isu Polarisasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Minggu, 01 Mei 2022, 15:36 WIB
Dunia di Ambang Krisis Sistemik, Anis Matta: Partai Gelora Tidak Tertarik Isu Polarisasi
Ketua Umum Partai Gelora Anis Matta/Net
rmol news logo Ketua Umum Partai Gelora Anis Matta mengatakan bahwa dunia saat ini diambang kehancuran akibat krisis sistemik, di mana semua tatanan global mulai kehilangan relevansinya.

AS sendiri saat ini menghadapi krisis keperceyaan dari sekutunya, sehingga berusaha keras menarik pengaruh Uni Eropa dalam perang Rusia-Ukraina.

"Mudah-mudahan tidak terjadi perang secara global. Tapi perang ini sudah melebar kemana-mana karena masing-masing menggunakan kekuatan globalnya. Ini akan menjadi awal Perang Dunia III dan perang nuklir. Kita tidak bisa membayangkan, kapan situasi ketidakpastian ini akan berakhir,” kata Anis Matta lewat keterangan tertulisnya, Minggu (1/5).

Anis Matta meminta situasi ketidakpastian ini tidak dianggap sebagai masalah, tetapi sebagai peluang. Semua komponen bangsa hendaknya mulai sekarang berkolaborasi secara bersama-sama membuat peta jalan Indonesia sebagai kekuatan global baru seperti menjadi 5 besar dunia.

"Partai Gelora sadar betul, lahir untuk menjawab tantangan ini. Kita perlu kolaborasi nasional untuk membuat peta jalan bersama-sama. Kita harus punya peta jalan menjadi kekuata global dan menjadi panitia kekuatan global baru," katanya.

Karena itu, kata Anis Matta, tidak tertarik pada isu polarisasi, kanan-kiri atau cebong kampret, dan tetap akan menggulirkan narasi 5 besar dunia pada Pemilu 2024.

"Partai Gelora tidak tertarik isu polarisai, karena isu polarisasi, kanan-kiri atau cebong kampret itu merusak kiita di tengah krisis sekarang," tegas Anis Matta.

Anis mengingatkan bahwa kekuatan politik tertentu yang tetap memelihara isu polarisasi untuk mendapatkan suara dengan cara melakukan pembelahan masyarakat dan politik seperti pada Pemilu 2019 lalu.

"Kita tidak memberikan ruang kepada kekuatan-kekuatan politik yang ingin mendapatkan suara dengan cara membelah rakyatnya sendiri dan mendapatkan keuntungan politik dari pembelahan. Cara kemenangan seperti itu, cara menang yang rusak rakyat kita sendiri," tandasnya.

Dalam situasi ketidakpastian ini, lanjut Anis Matta, para pemimpin nasional harusnya mengupayakan semangat rekonsilasi nasional, bukan memperpanjang polarisasi dan pembelahan di masyarakat di Pemilu 2024.

"Ini kemarin kenapa Pak Fahri Hamzah mengusulkan agar Presiden Jokowi mengejar julukan asaja sebagai Bapak Rekonsilasi. Karena semangat rekonsilasi ini, menjadi cara kita sebagai bangsa bisa melewati gelombang krisis global yang terjadi saat ini," pungkasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA