Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sandiaga Uno Beberkan Kebangkitan Pariwisata Indonesia di Majelis Umum PBB

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Kamis, 05 Mei 2022, 14:22 WIB
Sandiaga Uno Beberkan Kebangkitan Pariwisata Indonesia di Majelis Umum PBB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno saat berpidato di Majelis Umum Perserikatan Bangsa Bangsa/Ist
rmol news logo Indonesia saat ini menjadi acuan dunia dalam penanganan pandemi Covid-19. Utamanya, keberhasilan dalam membangkitkan sektor pariwisata pasca dua tahun dihantam pandemi.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Hal tersebut disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno usai memberikan sambutan di event "High-level Thematic Debate on Tourism" yang diadakan Majelis Umum Perserikatan Bangsa Bangsa di New York, Amerika Serikat, Rabu (4/5).

“Indonesia sangat diberikan penghargaan dalam penanganan pandemi Covid-19 dan kebangkitan dari pariwisata kita yang berbasis pariwisata berkualitas, berbasis komunitas, dan berkelanjutan ini adalah penopang kebangkitan ekonomi kita, penopang penciptaan peluang usaha, dan juga mampu membuka lapangan kerja seluas-luasnya," ujar Sandiaga.

Sandiaga mengatakan jika berbicara mengenai pariwisata yang berkelanjutan, maka harus ada aksi yang kongkrit. Salah satunya, adalah tawaran Indonesia mengubah sampah plastik menjadi solusi berbasis produk-produk alam atau nature based solution.

"Itu yang kita hadirkan, dan kita langsung menunjukkan bahwa sedotan berbasis purun ini yang akan menjadi solusi kita real untuk mengatasi isu-isu lingkungan hidup," terangnya.

Sandiaga mengungkapkan, yang harus segera direalisasikan adalah seiring dengan G20 dan peran Indonesia sebagai tuan rumah. Di sektor pariwisata dunia, Sandiaga akan terus mendorong kebangkitan ekonomi, terciptanya peluang usaha, dan terbuka lapangan kerja.

"Dan bersama Presiden Joko Widodo, tentunya kami menyusun tatanan ekonomi pariwisata baru yang lebih terbuka dan berkeadilan. Izin yang kita garis bawahi dan Indonesia mengambil posisi strategis, posisi sebagai negara yang menjadi acuan dari seluruh wilayah di dunia dalam penanganannya pandemi Covid-19 dan kebangkitan pariwisata," jelasnya.

Di forum itu juga, Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra ini menunjukkan kebanggaan desa wisata Indonesia. Seperti inovasi masyarakat Pulau Belitung yakni sedotan eco yang terbuat dari bahan alami.

“Seperti sedotan eco ini yang saya bawa dari Pulau Belitung, item ini adalah tindakan nyata. Di mana kami mengganti sedotan berbahan dasar plastik dengan sedotan eco yang terbuat dari rumput dan karena itu kita perlu meningkatkannya," katanya.

Tidak hanya di Pulau Belitung, Sandiaga juga menerapkan pariwisata yang ramah lingkungan di Bali. Di sana, dia akan menerapkan mobilitas masyarakat di masa depan dengan mobilitas listrik.

Selain itu, Sandiaga membahas community-based tourism yang diimplementasikan dalam program pengembangan desa wisata. Dia pun, membuktikan bahwa program ini dapat menjadi daya tarik sektor pariwisata.

"Program desa wisata mengintegrasikan daya tarik kearifan lokal, program ini telah terbukti seperti yang ditunjukkan di Bali yang menghasilkan pendapatan lebih dari 1,45 juta dolar AS pada tahun 2020 di tengah pandemi," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA