Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Saatnya Wakil Jabar atau Jatim Jadi Capres dan Cawapres

LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Kamis, 05 Mei 2022, 23:41 WIB
Saatnya Wakil Jabar atau Jatim Jadi Capres dan Cawapres
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil/Ist
Jawa Barat dan Jawa Timur merupakan dua wilayah dengan lumbung suara terbanyak pertama dan kedua dalam pemilihan umum (Pemilu). Seharusnya, calon presiden dan wakil presiden muncul dari dua wilayah ini agar tidak terfokus pada Jawa Tengah semata.

Analis politik Jamiluddin Ritonga menyebut, tokoh dari Jawa Barat yang cocok dan layak diusung menjadi capres adalah Ridwan Kamil.

"Setidaknya bila hal itu dilihat dari elektabilitasnya yang relatif tinggi,” ujar Jamiluddin kepada Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (5/5).

Jamiluddin menambahkan, dengan potensi suara yang besar dari Jabar dan Jatim, sudah selayaknya ada capres dan cawapres dari dua daerah tersebut.

"Tampaknya hal itu layak menjadi pertimbangan partai politik dalam menentukan capres dan cawapres yang akan diusung pada Pilpres 2024,” katanya.

Menurutnya, dari hasil survei dari lembaga survei kredibel, Ridwan Kamil selalu masuk enam besar dalam hal elektbilitas. Karena itu, ia cukup layak mewakili Jabar untuk diusung menjadi capres pada Pilpres 2024.

"Selain elektabilitasnya tinggi, Ridwan Kamil juga dinilai berhasil selama memimpin Jabar. Banyak prestasi yang diperoleh Jawa Barat selama dipimpin Ridwan Kamil,” jelasnya.

Sementara untuk Jatim, lanjut Jamiluddin, SDM-nya juga cukup mumpuni untuk diusung menjadi capres atau cawapres. Bila dilihat dari elektabilitasnya, ada dua sosok yang layak dilirik.

Pertama, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), yang berasal dari Pacitan. AHY layak diusung karena elektabilitasnya juga cukup moncer. Hasil survei dari beberapa lembaga survei yang kredibel, elektabilitas AHY juga kerap masuk enam besar. Bahkan beberapa hasil survei, elektabilitasnya masuk lima besar.

"Karena itu, AHY layak mewakili Jawa Timur untuk diusung menjadi capres atau cawapres. Selain muda dan cerdas, AHY juga dinilai mumpuni mendekati kalangan muda, yang menjadi pemilih terbesar pada Pilpres 2024,” ucapnya.

Selain AHY, lanjut Jamiluddin, ada Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, yang juga potensial diusung untuk cawapres. Khofifah, selain menjabat gubernur, juga pernah menjadi menteri. Pengalamannya itu setidaknya menjadi bekal baginya untuk menjadi wakil presiden.

"Selain itu, Khofifah juga cukup berpengaruh di Jawa Timur dan warga NU. Karena itu, Khofifah dapat membantu capres untuk mendulang suara lebih besar untuk memenangkan pilpres,” demikian Jamiluddin.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA