Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

ASN WFH Sepekan Usai Lebaran, Komisi II DPR: Ini Ikhtiar yang Perlu Didukung

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Senin, 09 Mei 2022, 12:56 WIB
ASN WFH Sepekan Usai Lebaran, Komisi II DPR: Ini Ikhtiar yang Perlu Didukung
Anggota Komisi II DPR RI fraksi Demokrat, Anwar Hafid/Net
rmol news logo Komisi II DPR RI menyambut baik kebijakan sejumlah Kementerian yang menerapkan sistem kerja dari rumah atau Work From Home (WFH) selama sepekan dalam rangka mengantisipasi kemacetan lalu lintas arus balik Lebaran 2022.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

“Ini sebagai sebuah ikhtiar, yang kita semua perlu memberikan dukungan, karena selama ini masih dalam bayang-bayang pandemi. Tentu saya sebagai mitra Pak Menteri sangat mendukung inisiatif ini. Mudah-mudahan upaya sekecil ini memberikan kontribusi menjaga kesehatan rakyat kita,” kata anggota Komisi II DPR RI fraksi Demokrat, Anwar Hafid, kepada wartawan, Senin (9/5).

Lagipula, lanjut Anwar Hafid, kebijakan tersebut bukanlah hal baru sejak pandemi Covid-19 melanda tanah air. Sehingga, kebijakan WFH diyakini tetap tidak mengganggu kinerja para Aparatur Sipil Negara (ASN) .

Di sisi lain, politikus Demokrat ini memandang bahwa kebijakan yang bermula dari usulan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang disambut oleh sejumlah kementerian ini merupakan wujud dari keseriusan pemerintah menangani pandemi Covid-19 dan menjaga kesehatan rakyat Indonesia.

“Kita tidak boleh lengah, sekecil apapun itu harus kita lakukan untuk melindungi rakyat kita dari ancaman pandemi terulang kembali,” tegasnya.

Apalagi selama Lebaran ini, tutur Anwar, di mana-mana masyarakat terlihat begitu antusias setelah dua tahun tidak bisa beraktivitas dan perayaan Idulfitri dilakukan terbatas. Tak heran tahun ini jutaan masyarakat melakukan mudik dan beraktivitas di lokasi wisata yang lama tak dikunjungi.

Namun demikian, karena masih dalam situasi pandemi, maka masyarakat perlu tetap waspada. Jangan sampai lengah yang berujung dengan kembali meningkatnya kasus Covid-19.

"Jadi, ini salah satu solusi kecil, tapi ini bentuk keseriusan pemerintah dalam menjaga dan melindungi masyarakat kita dari wabah tersebut,” demikian Anwar Hafid.

Sejumlah kementerian menerapkan sistem kerja dari rumah atau WFH bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) selama sepekan pascalibur Idulfitri 1443 Hijriah. Ini merupakan upaya mengurangi kepadatan arus balik pada perayaan Idulfitri sekaligus mencegah terjadinya pertambahan penyebaran Covid-19.

Mulai dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang menerbitkan Surat Edaran (SE) tentang Penyesuaian Sistem Kerja Aparatur Sipil Negara (ASN) Kemendagri Selama Masa Arus Balik Idul Fitri 1443 H. Hingga Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) yang melakukan WFH mulai Senin (9/5) sampai Jumat (13/5) dan kembali bekerja di kantor mulai Senin (16/5). rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA