Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Hepatitis Akut Berat Sudah 300 Kasus di 20 Negara, Indonesia Naik jadi 15 Kasus

LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Senin, 09 Mei 2022, 16:19 WIB
Hepatitis Akut Berat Sudah 300 Kasus di 20 Negara, Indonesia Naik jadi 15 Kasus
Gurubesar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Prof. Zubairi Djoerban/Net
Penyebaran Hepatitis Akut Berat terus mengalami peningkatan. Berdasarkan informasi yang dihimpun Gurubesar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Prof. Zubairi Djoerban, jumlahnya kini sudah berlipat-lipat dari yang tercatat pada pekan kemarin.

Pada akhir pekan kemarin, data terakhir yang terpublikasi baru ada 3 anak di Indonesia yang diduga meninggal dunia karena terjangkit Hepatitis Akut Berat. Sementara di dunia baru sebanyak 170 kasus di 12 negara hingga Jumat (6/5).

"Hampir 300 kasus hepatitis misterius telah dilaporkan dari 20 negara," ujar sosok yang kerap disapa Prof. Beri ini melalui akun Twitternya, Senin (9/5).

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) ini menuturkan, dari jumlah 300 kasus di dunia, paling banyak sebaran Hepatitis Akut Berat berada di negara-negara dalam satu kawasan.

"Sebagian besar kasus terdeteksi di Eropa dan sebagian kecil ada di Amerika dan Asia Tenggara," paparnya.

Adapun untuk di dalam negeri, jumlah kasus meningkat cukup tajam. Karenanya ia mengingatkan masyarakat untuk waspada terhadap potensi penularan penyakit ini.

"Hari ini Indonesia telah umumkan 15 kasus yang terdeteksi. Jaga lingkungan Anda dan keluarga tetap bersih," demikian Prof. Zubairi Djoerban.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA