Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Selama Lebaran, Pemerintah Klaim Penanganan Covid-19 Berjalan Baik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Senin, 09 Mei 2022, 17:58 WIB
Selama Lebaran, Pemerintah Klaim Penanganan Covid-19 Berjalan Baik
Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan (tengah)/Repro
rmol news logo Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa meskipun ada momen Idulfitri, penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia tetap berjalan dengan baik dan terkendali.

Hal ini dibuktikan dengan data rawat inap secara nasional terus mengalami penurunan hingga 97 persen serta kematian turun hingga 98 persen.

“Bila dilihat secara nasional, sudah 25 hari berturut-turut kasus harian kita berada di bawah 1000 dan hari berturut-turut kasus harian di bawah 500. Gambaran baik lainnya terlihat pada rawat inap secara nasional yang terus turun hingga 97persen,” kata Menko Luhut, Senin (10/5).

Koordinator PPKM Pulau Jawa dan Bali ini menuturkan bahwa tingkat hunian tempat tidur rumah sakit juga sangat rendah hanya 2 persen dari keseluruhan bed yang tersedia.

Selain itu, tambah Luhut, kasus kematian juga turun hingga 98 persen yang disebabkan oleh varian Omicron dan positivity rate berada di bawah 0,7 persen.

“Berdasarkan data-data tersebut kami meyakini bahwa kondisi varian Omicron di Indonesia di tengah momen libur IdulFitri hingga saat ini masih terkendali,” imbuhnya.

Luhut menjelaskan, khusus untuk wilayah Jawa dan Bali,  perkembangan pandemi juga terus menunjukka tren penurunan yang sangat signifikan.

Basik kasus konfirmasi, rawat inap rumah sakit hingga tingkat kematian di hampir seluruh provinsi Jawa dan Bali.

Pemerintah, kata Luhut, seluruh Provinsi di Jawa Bali hingga hari ini mengalami penurunan kasus mencapai 99 persen dibandingkan puncak kasus Omicron beberapa waktu yang lalu.

“Seiring dengan semakin terkendalinya kasus Covid-19, langkah-langkah relaksasi PPKM akan terus dilakukan secara bertahap, bertingkat dan berlanjut,” tutupnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA