Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sekda Banten Al Muktabar Diduga Bakal Gantikan Wahidin Halim yang Pensiun

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Selasa, 10 Mei 2022, 17:38 WIB
Sekda Banten Al Muktabar Diduga Bakal Gantikan Wahidin Halim yang Pensiun
Sekda Banten Al Muktabar/Net
rmol news logo Gubernur Banten Wahidin Halim yang bakal memasuki pensiun diduga bakal dilanjutkan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Banten Al Muktabar.

Kabar ini menyeruak di kalangan wartawan, soal bakal ditunjuknya Al Muktabar sebagai Pelaksana Harian Gubernur Banten. Salah saorang sumber di Pemprov Banten membenarkan, Al Muktabar dipilih guna melanjutkan estafet jalannya roda pemerintahan di Banten, usai Wahidin resmi berhenti dinasnya pada Kamis (12/5) tepat pukul 00.00 itu.  

“Karena jabatan Gebernur atau kepala daerah itu tidak boleh terjadi kekosongan, sehingga Menteri Dalam Negeri (Mendagri) menunjuk Sekda sebagai Plh Gubernur yang masa tugasnya terbatas paling lama satu bulan,” demikian kata sumber yang beredar di kalangan wartawan, Selasa sore (10/5).

Sumber ini menjelaskan, Al Muktabar ditunjuk hanya untuk mengisi kekosongan sementara. Sebab, tidak menutup kemungkinan nantinya yang akan ditetapkan sebagai Penjabat (Pj), bukan Al Muktabar namun pejabat lainnya.

Pj Gubernur Banten ini nantinya akan dilantik secara langsung oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, bersama Pj Gubernur dari daerah lainnya.

”Karena ini hanya Plh, sehingga tidak perlu ada pelantikan,” cetusnya.

Sementara itu, aktivis asal Kabupaten Lebak Mochamad Gunawan berpendapat, seharusnya Gubernur Banten tidak diperlukan adanya Pelaksana Harian (Plh).

”Harusnya langsung dijabat oleh Pj bukan Plh, karena Plh itu hanya jabatan sementara dengan hitungan hari. Misal, menggantikan Gubernur yang berhalangan sementara,seperti sakit atau kunjungan keluar daerah. Inikan berhalangan tetap, harusnya langsung diisi oleh Pj,” kata Mochamad Gunawan kepada wartawan.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Banten Nana Supiana yang dikonfirmasi, mengaku belum mengetahui apakah Gubernur Banten akan dijabat oleh Plh atau langsung oleh Pj.

”Saya sekarang lagi ke Kemendagri untuk mengkonfirmasi, apakah Gubernur Banten itu dijabat oleh Plh atau langsung oleh Pj,” ujar Nana.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA