Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Megawati Kembali Terima Gelar Profesor Kehormatan, Ketua DPRD DKI Bangga Jadi Kader PDIP

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Rabu, 11 Mei 2022, 15:42 WIB
Megawati Kembali Terima Gelar Profesor Kehormatan, Ketua DPRD DKI Bangga Jadi Kader PDIP
Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetio Edi Marsudi/RMOL
rmol news logo Presiden kelima RI, Megawati Soekarnoputri kembali menerima gelar profesor kehormatan. Kali ini pihak Seoul Institute of the Arts (SIA), Korea Selatan, yang memberikan gelar tersebut kepada Megawati, Rabu (11/5).

Gelar profesor kehormatan dari SIA ini akan menjadi yang kedua bagi Megawati. Sebelumnya, pada Juni 2021 lalu, Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu menerima gelar Profesor Kehormatan dari Universitas Pertahanan (Unhan) RI di Bidang Kepemimpinan Strategik.

Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetio Edi Marsudi, memberikan selamat atas penganugerahan gelar Profesor Kehormatan kepada Megawati Soekarnoputri.

"Saya sebagai kader PDI Perjuangan bangga karena Ibu ketua umum mendapatkan Penganugerahan Gelar Profesor Kehormatan tersebut," kata Prasetio seperti dikutip Kantor Berita RMOLJakarta, melalui akun Instagram pribadinya.

"Sebelumnya Ibu Mega juga telah menerima banyak gelar dari berbagai universitas baik Indonesia ataupun mancanegara. Semoga gelar Profesor yang Ibu peroleh berguna bagi Bangsa dan Negara, serta dapat menginspirasi seluruh bangsa Indonesia," sambungnya.

Gelar doktor kehormatan juga pernah diterima Megawati dari Waseda University of Tokyo, Jepang, pada 2001.

Megawati juga menerima gelar yang sama dari Moscow State Institute of International Relation, Korea Maritime and Ocean University, Universitas Padjajaran, Universitas Negeri Padang, Mokpo National University, Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Fujian Normal University, dan yang terakhir dari Soka University Japan di Jepang pada Januari 2020.

Megawati sendiri tidak pernah tamat perguruan tinggi. Megawati pernah bercerita, dia sempat kuliah di Fakultas Pertanian Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung pada 1965, namun tidak mampu melanjutkan kuliahnya lantaran kondisi politik saat itu. Dia hanya punya kesempatan dua tahun untuk belajar di Unpad.

Perempuan bernama lengkap Diah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri itu juga pernah mengenyam pendidikan di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia pada 1970, juga tidak sampai tamat.

Meski tak pernah menamatkan kuliah, Megawati Soekarnoputri berhasil menjadi presiden wanita pertama RI. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA