Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Elektabilitas Ganjar Pranowo Bisa Berubah Usai Lepas Jabatan Gubernur


LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Kamis, 12 Mei 2022, 09:56 WIB
Elektabilitas Ganjar Pranowo Bisa Berubah Usai Lepas Jabatan Gubernur

Pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) Ujang Komarudin/Net
Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo memang masih menjadi calon potensial dalam survei Pilpres 2024. Namanya selalu berada di jajaran 3 besar bersama dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Namun demikian, peringkat itu diyakini akan berubah saat Ganjar Pranowo tidak lagi menjabat sebagai gubernur pada tahun depan.

Begitu kata pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) Ujang Komarudin kepada Kantor Berita Politik RMOL sesaat lalu di Jakarta, Kamis (12/5).


“Ganjar masih bermodalkan salah satu capres 3 besar yang memiliki elektabilitasnya lumayan. Namun ke depan ketika sudah tak menjabat sebagai Gubernur Jateng lagi, bisa saja modalnya kedekatan dengan rakyat. Tapi itu pun masih bias,” katanya.

Menurut Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) ini, modal Ganjar untuk dekat dengan rakyat saat tidak lagi menjabat sebagai Gubernur sangat bias. Itu semua bisa dimanipulasi atau dipoles karena hanya dalam rangka membangun citra untuk memepertahankan elektabilitas semu.

“Karena kedekatan dengan rakyat juga bisa dimanipulasi, seperti membangun pencitraan melalui medsos seolah-olah dekat dengan rakyat,” demikian Ujang Komarudin.

ARTIKEL LAINNYA