Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Muhadjir Effendy Klaim Indonesia Sudah Masuk Masa Transisi Endemi

LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Kamis, 12 Mei 2022, 21:33 WIB
Muhadjir Effendy Klaim Indonesia Sudah Masuk Masa Transisi Endemi
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy/Net
Kondisi penyebaran virus Covid-19 di Indonesia yang sudah memadai diklaim pemerintah sudah masuk ke masa transisi endemi.

Hal itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy, dalam keterangan tertulisnya pada Kamis (12/5).

"Intinya dilihat dari angka kasus aktif, positivity rate, tingkat okupansi rumah sakit, kemudian angka kematian sekarang sudah ada tanda-tanda bukan tertinggi dari penyakit yang ada," ujar Muhadjir.

Selain berpatokan pada data terkini perkembangan terkini indikator kondisi pandemi Covid-19 di dalam negeri, Muhadjir juga menyampaikan hasil survei internal Kemenko PMK.

Dijelaskan mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini, ada 18 rumah sakit di DKI Jakarta pada Februari 2022 yang angka kasus kematiannya turun ke peringkat 14.

"Paling tinggi kematian itu kanker, kemudian pneumonia nonspesifik dan sekarang Covid-19 yang meninggal dunia sudah ranking 14. Jadi bukan lagi ancaman," paparnya.

Meski sudah menuju fase endemi, Muhadjir tetap menyarankan masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Tetapi dilihat dari beberapa indikator itu kita sebetulnya 'de facto' (secara fakta) sudah menuju ke endemi," tandasnya.

ARTIKEL LAINNYA