Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Koalisi Golkar, PAN dan PPP Buka Peluang Usung Anies di Pilpres 2024

LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Jumat, 13 Mei 2022, 15:46 WIB
Koalisi Golkar, PAN dan PPP Buka Peluang Usung Anies di Pilpres 2024
Ketum Golkar Airlangga Hartarto dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam satu kesempatan/Net
Pembentukan koalisi Bertiga-Bersatu oleh Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, dan Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa terus menuai spekulasi politik.

Menurut Pengamat Politik dari Universitas Al-Azhar Ujang Komarudin, peluang Golkar-PAN-PPP pada Pemilu 2024 ada plus dan minusnya.

Plusnya, untuk mengusung calon sendiri sangat terbuka lebar karena memenuhi syarat ambang batas presiden atau Presidential Threshold 20 persen. Sementara minusnya, belum jelas siapa yang akan dijadikan capres dan cawapres dari koalisi Bertiga-Bersatu itu.

“Kalau pun Airlangga yang dicapreskan, maka Airlangga harus menggenjot elektabilitasnya agar lebih maksimal,” kata Ujang Komarudin dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (13/5).

Ujang berpandangan, nampaknya Airlangga Hartarto yang akan disampuk sebagai capres jika koalisi Bertiga-Bersatu itu bersifat permanen hingga kontestasi Pilpres 2024 nanti.

“Karena dari ketiga ketum partai tersebut hanya Airlangga yang dari awal ingin maju jadi capres. Dan Golkar pun sudah menetapkan dalam Munas dan Rapimnasnya, bahwa Airlangga capres dari Golkar,” urainya.

Sementara untuk cawapresnya, Ujang menyebut kemungkinan akan mengambil dari luar PAN dan PPP. Namun figur itu memiliki hubungan yang baik dengan ketiga partai tersebut serta memiliki elektabilitas yang tinggi di sejumlah hasil survei nasional.

“Kelihatanya akan diambil dari luar PAN dan PPP. Akan diambil dari tokoh eksternal yang memiliki elektabilitas tinggi. Bisa Anies Baswedan, Ganjar atau bisa juga yang lain, pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga mengisyaratkan pertemuan dengan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa merupakan koalisi antar parpol. Ia menyebut pertemuan itu adalah “Bertiga-Bersatu”. Bersatu itu yakni; beringin, matahari, dan baitullah (Ka’bah)

“Jadi pertemuan ini tentu diharapkan dengan matahari ini PAN bisa berjalan, dan pohon beringin semakin tunbuh. Dan juga pertemuan kerja sama ini adalah yang diridhoi oleh Allah SWT,” kata Airlangga di Rumah Heritage Sam Ratulangi, Menteng, Jakarta Pusat, pada Kamis malam (12/5).
EDITOR: IDHAM ANHARI

ARTIKEL LAINNYA