Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Golkar Paling Diuntungkan, Pertemuan Airlangga, Zulhas dan Suharso Punya Bobot Politik Besar

LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Sabtu, 14 Mei 2022, 04:58 WIB
Golkar Paling Diuntungkan, Pertemuan Airlangga, Zulhas dan Suharso Punya Bobot Politik Besar
Ketum Partai Golkar (tengah) saat bertemu Ketum PPP dan juga PKB/RMOL
Pertemuan politik antara Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dengan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa dipandang memiliki bobot politik besar.

Pertemuan yang dilakukan di kawasan Menteng, Jakarta Pusat itu tidak bisa dimaknai sebagai silaturahim lebaran.

Direktur Riset Indonesia Presidential Studies (IPS) Arman Salam berpendapat jargon bersatu uang diutarakan oleh para ketua umum sangatlah politis. Dalam konteks manfaat pertemuan itu, Arman menyebutkan Airlanggalah yang mendapatkan keuntungan politik.

" Ketua umum Golkar Airlangga Hartarto adalah yang paling diuntungkan," demikian kata Arman kepada Kantor Berita Politik RMOL, Sabtu (14/5).

Arman menambahkan, selama lembaganya mengadakan riset para calon presiden 2024. Data yang didapatkan, kata Arman, calon presiden potensial tidak ada figur yang moncer dari para ketua ketiga partai itu.

Secara detail, Arman kemudian menyebutkan bahwa apa yang dilakukan Airlangga sangat strategis.

"Ketua partai Golkar cukup cerdas sebagai langkah penguatan atas nilai tawar sebagai wakil presiden dengan dukungan partai yang besar," demikian Arman menekankan.

Arman kemudian menambahkan bahwa di dunia politik Pilpres 2024, Airlangga adalah tokoh politik yang layak diusung karena memiliki finansial dan pamor partai yang ia pimpin.

"Jika Airlangga bisa 'mengunci' partai lain, nilai tawar Airlangga akan tinggi dan bisa bermanuver memilih capresnya disandingkan dengan siapapun," pungkasnya.

ARTIKEL LAINNYA