Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pilpres 2024 Diprediksi Bakal Ada Tiga Poros Koalisi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Minggu, 15 Mei 2022, 14:52 WIB
Pilpres 2024 Diprediksi Bakal Ada Tiga Poros Koalisi
Ilustrasi/Net
rmol news logo Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang diprediksi bakal melahirkan tiga pasangan capres-cawapres, dengan tiga poros koalisi partai politik.

Pengamat politik Universitas Esa Unggul Jamiluddin Ritonga berpandangan, usai Golkar, PAN dan PPP bertemu dan menyatakan berkoalisi, maka hal yang sama juga bakal dilakukan oleh Nasdem, PKS dan Demokrat.

Sementara dua partai lain yakni PDI Perjuangan bersama Gerindra, yang kemungkinan besar koalisi usai Prabowo menyambangi Megawati Soekarnoputri pada momen Idulfitri.

"Ketiga poros itu PDIP-Gerindra, Golkar-PPP-PAN, dan Nasdem-Demokrat-PKS,” kata Jamiluddin kepada Kantor Berita Politik RMOL, Minggu (15/5).

Jamiluddin mengatakan, meski bisa diprediksi melahirkan tiga pasangan calon, namun kanditan capres dan cawapres yang akan diusung hingga saat ini belum bisa ditebak apalagi dipastikan.

Namun, ia meyakini tiga paslon yang akan muncul itu adalah Prabowo-Puan, Airlangga-Ganjar, dan Anies-AHY.

"Hanya saja, ada kemungkinan poros PDIP-Gerindra akan mengusung Prabowo-Puan. Poros Golkar-PPP-PAN diperkirakan akan mengusung Airlangga-Ganjar. Sementara poros Nasdem-Demokrat-PKS kemungkinan besar mengusung Anies-AHY,” ucapnya.

"Tiga pasangan itu tampaknya seimbang. Karena itu, kontestasi pilpres 2024 akan berjalan ketat dan berpeluang  berlangsung dua putaran,” demikian Jamiluddin.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA