Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dukung PDSI Dibentuk, Komisi IX DPR RI akan Bahas Revisi UU Praktik Kedokteran

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/angga-ulung-tranggana-1'>ANGGA ULUNG TRANGGANA</a>
LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Senin, 16 Mei 2022, 04:32 WIB
Dukung PDSI Dibentuk, Komisi IX DPR RI akan Bahas Revisi UU Praktik Kedokteran
Anggota DPR RI Komisi IX Putih Sari/RMOL
rmol news logo Pembentukan Perkumpulan Dokter Seluruh Indonesia (PDSI) direspons positif oleh wakil rakyat di senayan.

Anggota DPR RI Komisi IX Putih Sari mengatakan bahwa Komisi IX akan membahas terkait revisi Undang Undang (UU) Praktik Kedokteran.

Dikatakan Putih Sari, rencana revisi itu sebagai tanggapan aspirasi revisi UU yang menguat setelah terbentuknya organisasi profesi dokter yang baru, yakni PDSI.  

Putih Sari juga mengungkapkan bahwa usulan revisi UU Praktik Kedokteran karena adanya aspirasi beberapa pihak. Isu yang santer dibicarakan adalah wadah tunggal organisasi profesi kedokteran apakah masih relevan untuk dipertahankan.

Dijelaskan Politisi Gerindra ini, wacana revisi itu muncul karena ada kekhawatiran wadah tunggal profesi bisa menjelma menjadi otoriter dan mengusung kepentingan lain.

"Terkait hal ini tentu nanti kami Komisi IX akan melihat sejauh mana aspirasi ini dan substansinya," kata Putih Sari, Minggu (15/05).

Putih Sari menjelaskan bahwa UU Praktik Kedokteran yang ada sekarang yang tertuang dalam UU 29/2004 mengatur IDI (Ikatan Dokter Indonesia) sebagai satu-satunya organisasi profesi kedokteran.

Namun demikian, Putih Sari mengatakan bahwa ada regulasi lain yang memperbolehkan untuk membentuk wadah perkumpulan yang baru.

"Untuk membentuk wadah perkumpulan siapapun diperbolehkan karena dijamin oleh Undang Undang Dasar bebas berserikat," kata Putih Sari.

Perempuan yang juga Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Bidang Kesehatan dan Ketenagakerjaan ini berharap apapun organisasinya dapat meningkatkan kualitas dunia kedokteran di Indonesia.

"Saya berharap munculnya PDSI dapat meningkatkan kualitas dunia kedokteran tanah air," kata Putih Sari.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA