Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Begini Kata Buruh Soal Kehadiran Kapolri di Aksi May Day Akhir Pekan Lalu

LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Senin, 16 Mei 2022, 13:18 WIB
Begini Kata Buruh Soal Kehadiran Kapolri di Aksi May Day Akhir Pekan Lalu
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.hadiri aksi buruh/Net
Aksi May Day 2022 yang digelar kaum buruh di depan Komplek Parlemen dan Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Selatan, Sabtu lalu (14/5) mendapat sorotan, lantaran dihadiri Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Kelompok buruh pun menjelaskan soal diskursus yang berkembang di masyarakat tentang kehadiran Kapolri dalam aksi May Day akhir pekan lalu tersebut.

Kepala BPSKP Partai Buruh Said Salahudin menjelaskan, besarnya jumlah peserta yang datang dari berbagai daerah di tiga provinsi menjadi alasan logis Kapolri menghadiri aksi May Day.

"Kehadiran Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo pada perayaan May Day Fiesta 2022 di Gelora Bung Karno (GBK) Senayan Jakarta kemarin (14/5/2022) merupakan hal yang wajar," ujar Said kepada Kantor Berita Politik RMOL, Senin (16/5).

Diurai Said, perayaan May Day Fiesta kemarin disambut baik Kapolri lantaran berjalan damai, meksi dihadiri sekitar 50 ribu buruh dari Provinsi DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat.

Telrebih katanya, rangkaian acara yang berlangsung hanya menyampaikan ekpresi kegelisahan kaum buruh kepada pemerintah melalui aksi damai di depan Komplek Parlemen Senayan. Selebihnya,di GBK digelar acara seremonial hiburan untuk para buruh yang selama ini sudah lelah bekerja.

"Ini kan acara setahun sekali. Para buruh itu juga perlu hiburan untuk bergembira bersama keluarganya dalam rangka merayakan Hari Buruh Internasional," kata Said.

"Namun karena jumlah massa yang hadir di perayaan itu jumlahnya puluhan ribu orang, maka untuk memastikan acara berlangsung dengan aman Kapolri merasa perlu untuk mengecek langsung ke lokasi acara," sambungnya.

Lebih lanjut, Said mengatakan bahwa kehadiran Jendral Listyo Sigit Prabowo dalam rangka menyampaikan ucapan Selamat Hari Buruh Internasional serta menjelaskan kontribusi buruh terhadap pembangunan ekonomi Indonesia, khususnya dari aspek keamanan.

"Yang tersirat, saya membaca kehadiran Kapolri tampaknya juga sebagai bentuk penghormatan kepada pimpinan buruh seperti Presiden Partai Buruh sekaligus Presiden KSPI Said Iqbal dan Presiden KSPSI Andi Gani Nena Wea yang sudah menunjukan komitmennya untuk mengurangai jumlah peserta May Day Fiesta," tuturnya.

Ditambahkan Said, dalam acara May Day Fiesta 2022 kemarin awalnya direncanakan hadir 170.000 buruh. Tetapi Kepolisian dan Satgas Covid meminta agar jumlah itu dikurangi.

"Makanya kami batasi sehingga jumlah peserta yang hadir hanya kurang lebih 65.000 orang," tandasnya.

ARTIKEL LAINNYA