Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Nasdem Potensial Gabung Bersatu, Pasangan Airlangga-Anies Bisa Tercipta

LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Senin, 16 Mei 2022, 13:53 WIB
Nasdem Potensial Gabung Bersatu, Pasangan Airlangga-Anies Bisa Tercipta
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan/Net
Sejalan dengan kehadiran poros Koalisi Bersatu yang diisi Partai Golkar, PPP, dan PAN, sejumlah nama tokoh diprediksi bakal disodorkan untuk mendampingi Airlangga Hartarto dalam kontestasi Pilpres 2024.

Menurut Direktur Political and Public Policy Studies (P3S), Jerry Massie, kemungkinan Koalisi Bersatu bertarung sejajar dengan PDI Perjuangan yang berpotensi berkoalisi dengan Partai Gerindra belum menjanjikan.

Pasalnya, dia tak bisa memungkiri hasil sejumlah lembaga survei yang menunjukkan tingkat elektabilitas Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto masih dinamis di deretan lima atau bahkan tiga besar elektabilitas tertinggi.

"Ini masih koalisi prematur, sepengetahuan saya koalisi yang absolut dan paten sudah menentukan capres-cawapresnya," ujar Jerry kepada Kantor Berita Politik RMOL, Senin (16/5).

Maka dari itu, Jerry melihat adanya kemungkinan Koalisi Bersatu menggaet sejumlah partai lainnya yang masih belum men-declare kerja sama politik dengan parpol di luar Koalisi Bersatu.

Sebagai contoh, peraih gelar doktor ilmu komunikasi American Global University ini menyebut Partai Nasdem sebagai salah satu parpol yang potensi bergabung dengan Koalisi Bersatu.

Saran paling konkret yang menurut Jerry bisa ditawarkan Nasdem, yakni mengenai figur Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, yang digadang-gadang bakal menjadi jagoan partai yang dipimpin Surya Paloh tersebut, dan memiliki elektabilitas tinggi di beberapa lembaga survei.

Jika bergabung, maka ada potensi pasangan Airlangga Hartarto-Anies Baswedan tercipta pada Pilpres 2024.

"Saya nilai PPP yang merupakan anggota poros Koalisi Bersatu juga akan ngotot mendukung Anies Baswedan, kalau Nasdem bisa berkoalisi dengan gerbong Golkar," demikian Jerry.

ARTIKEL LAINNYA