Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Peringati Hari Raya Waisak, Puan: Momentum Saling Bantu dan Jaga Kerukunan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Senin, 16 Mei 2022, 17:28 WIB
Peringati Hari Raya Waisak, Puan: Momentum Saling Bantu dan Jaga Kerukunan
Ketua DPR RI, Puan Maharani/Net
rmol news logo Perayaan Hari Raya Waisak yang jatuh pada Senin (16/5) menjadi momentum bersama umat Buddha di Indonesia untuk membangun nilai-nilai luhur bangsa, sekaligus merefleksikan kembali ajaran-ajaran Sidharta Gautama.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

"Secara garis besar Waisak tahun ini mengingatkan kita semua untuk lebih dan terus menjaga dan memelihara kerukunan atau moderasi antarumat beragama," kata Ketua DPR RI, Puan Maharani, lewat keterangannya, Senin (16/5).

Menurut Puan, nilai-nilai universal dharma Sang Buddha penting dalam membangun bangsa yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian.

Untuk itu, Puan mengajak umat Buddha untuk senantiasa merenungkan kembali apa yang telah disampaikan Sang Buddha dan menebarkan kebaikan kepada sesama.

Mantan Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) ini menambahkan, Waisak tahun ini dirayakan masih dalam situasi pandemi Covid-19. Sehingga ajaran Buddha untuk saling membantu sesama di masa sulit ini sangat relevan.

“Pendidikan Buddhist dengan tujuan keadilan sosial dan perdamaian dunia adalah sebuah tekad yang ingin dibentuk oleh umat Buddha," ucap Puan.

Mengutip pidato Presiden Pertama RI, Ir Soekarno, Puan juga mengajak umat Budha dan segenap rakyat hendaknya ber-Tuhan secara kebudayaan, yakni dengan tiada "egoisme-agama". Dan hendaknya negara Indonesia satu negara yang ber-Tuhan.

“Marilah kita amalkan dan jalani kehidupan beragama dengan cara yang berkeadaban, yaitu dengan hormat-menghormati satu sama lain,” imbuhnya.

Puan juga mengajak seluruh umat Buddha di seluruh tanah air untuk menjadikan peringatan Hari Suci Waisak tahun ini sebagai momentum dalam membangun nilai-nilai luhur bangsa untuk tetap menjaga sesanti yang ditulis dalam kitab Sutasoma, Bhinneka Tunggal Ika Tan Hana Dharma Mangrwa.

“Selamat Tri Suci Waisak. Semoga semua makhluk selalu hidup tenang, tentram dan berbahagia,” demikian Puan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA