Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Koordinator PMI: Kunjungan Ketua DPD RI dan Rombongan ke Arab Saudi Hanya Pemborosan Anggaran

LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Senin, 16 Mei 2022, 19:10 WIB
Koordinator PMI: Kunjungan Ketua DPD RI dan Rombongan ke Arab Saudi Hanya Pemborosan Anggaran
Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti makan malam bersama pemegang kunci Kabah, Syeikh Saleh bin Zain Al-Abidin Al-Syaibi/Ist
Kunjungan Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti beserta delegasi DPD RI ke Arab Saudi dinilai dipandang sebagai kegiatan yang tidak membawa agenda pasti dan terkesan pemborosan anggaran negara.

Pasalnya, kata Koordinator Penggerak Milenial Indonesia (PMI) M. Adhiya Muzakki, pada kunjungan tersebut LaNyalla lebih menonjolkan pertemuan dan makan malam dengan pemegang kunci Kabah, Syeikh Saleh bin Zain Al-Abidin Al-Syaibi.

"Ya ngapain DPD rame-rame ka Arab cuma buat makan malam sama Syeikh, ngabisin uang negara aja. Benefitnya apa buat negara dari kunjungan tersebut" ujar Adhiya kepada Kantor Berita Politik RMOL, Senin (16/5).

Adhiya memandang, kunjungan rombongan DPD RI harusnya lebih diarahkan kepada hal hal yang sifatnya lebih strategis. Meskipun ada kunjungan menyapa tenaga kerja Indonesia (TKI) di sana, tetapi hal tersebut bukan merupakan agenda strategis dan juga bukan merupakan fungsi DPD.

Pun juga pertemuan dengan pejabat Kedutaan Besar Indonesia di Arab Saudi dan mahasiswa diaspora, menurut Adhiya, hal itu tidak efisien, karena aktivitas tersebut bisa dilakukan melalui pertemuan virtual,.

"Seharusnya kunjungan lebih diarahkan ke hal yang sifatnya strategis, misal penguatan ekonomi, pertemuan dengan kedubes dan mahasiswa juga kan bisa pakai Zoom, daripada berbondong-bondong ke luar negeri. Kan zaman udah canggih, tidak perlu repot dan buang anggaran," ketusnya.

Kalaupun harus melawat ke Arab Saudi, lanjut alumnus Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah ini, LaNyalla perlu bertemu pejabat tinggi negara.

Adhiya juga menekankan, di tengah upaya Indonesia terus meningkatkan kekuatan ekonomi, seharusnnya setiap agenda lembaga negara seperti kunjungan ke luar negeri, jangan disia-siakan.

"Kunjungan-kunjungan lembaga ke luar negeri harusnya juga lebih berkualitas, misal membangun kerja sama demi penguatan ekonomi," pungkasnya.

Adapun LaNyalla beserta delegasi DPD RI dijamu makan malam oleh pemegang kunci Kabah, Syeikh Saleh bin Zain Al-Abidin Al-Syaibi di kantornya di Mekkah, Arab Saudi, Minggu malam (15/5).

LaNyalla hadir bersama Wakil Ketua DPD RI Mahyudin dan senator asal Lampung Bustami Zainuddin. Turut hadir mendampingi, Sekjend DPD RI Rahman Hadi, Deputi Administrasi Lalu Niqman Zubair dan Staf Khusus Ketua DPD RI Sefdin Syaifudin.

ARTIKEL LAINNYA