Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Demokrat Yogyakarta Mulai Panaskan Mesin Politik Lewat Muscab Serentak

LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Senin, 16 Mei 2022, 19:25 WIB
Demokrat Yogyakarta Mulai Panaskan Mesin Politik Lewat Muscab Serentak
Muscab serentak Demokrat Yogyakarta/Net
DPD Partai Demokrat Daerah Istimewa Yogyakarta mulai menjalankan instruksi Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) untuk memanaskan mesin partai. Salah satunya dengan menggelar  kegiatan musyawarah cabang (muscab) secara serentak.

Muscab digelar di salah satu hotel Yogyakarta pada hari ini, Senin (16/5). Deputi BPOKK DPP Partai Demokrat, Jemmy Setiawan membuka langsung acara yang turut dihadiri secara virtual oleh AHY, Sekjen Demokrat Teuku Riefky Harsya, dan Kepala BPOKK Herman Khaeron. Para Ketua DPC dan PAC se-Yogyakarta juga hadir.

Dalam pesannya, AHY menilai bahwa acara muscab serentak bisa dijadikan momentum konsolidasi Demokrat untuk meraih kemenangan pada Pemilu 2024 mendatang. Adapun tujuan Demokrat pada pesta rakyat lima tahunan itu adalah memenangkan kontestasi pemilihan presiden dan pemilihan anggota legislatif baik DPR, DPRD provinsi, maupun DPRD kabupaten/kota.

"Jadikan Muscab ini sebagai momentum yang baik untuk konsolidasi. Kita harus fokus untuk menyiapkan diri dan partai, dengan tujuan kita memenangkan pemilihan di 2024," ajaknya.

Sementara Herman Khaeron mengingatkan bahwa muscab merupakan ajang konsolidasi internal Partai Demorkat dan penyegaran dalam melaksanakan kerja-kerja politik. Muscab semakin penting dilakukan lantaran Pemilu 2024 segera digelar dan mesin partai di tingkat DPC kabupaten/kota harus bisa dipastikan berjalan dengan baik.

Untuk itu, dia berharap agar muscab tidak dipandang sebagai ajang untuk memperebutkan kekuasaan.

"Pemilu sudah depan mata, jadi para kader jadikan muscab sebagai aja konsolidasi dan penyegaran diinternal," tegasnya.

Ketua DPD Demokrat Yogyakarta Erlia sependapat dengan hal itu. Baginya, muscab serentak merupakan hal penting dari penyempurnaan organisasi dan persiapan menghadapi Pemilu 2024.

"Kita harus punya strategi sehingga Partai Demokrat bisa besar dan merebut kembali kejayaannya. Salah satu momentumnya adalah melalui muscab," kata anggota DPRD Yogyakarta ini.

Sebagaimana AD/ART Demokrat, Muscab sebatas menetapkan calon ketua DPC yang memenuhi syarat dan dukungan minimal 20 persen.

ARTIKEL LAINNYA