Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kilang Minyak Kembali Terbakar, PKS Desak Direksi Pertamina Mundur

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/angga-ulung-tranggana-1'>ANGGA ULUNG TRANGGANA</a>
LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Senin, 16 Mei 2022, 23:16 WIB
Kilang Minyak Kembali Terbakar, PKS Desak Direksi Pertamina Mundur
Anggota Komisi VII DPR RI, Mulyanto/Net
rmol news logo Menyusul insiden kebakaran kilang minyak di Balikpapan, Kalimantan Timur, Minggu (15/5), anggota Komisi VII DPR RI, Mulyanto, minta jajaran Direksi Pertamina mengundurkan diri.

Mulyanto menilai, jajaran Direksi Pertamina yang saat ini menjabat gagal menjaga keamanan operasional kilang. Imbasnya, insiden kebakaran atau ledakan masih terjadi lagi.

Politisi PKS itu mengaku pernah mengingatkan Pertamina agar mengaudit secara menyeluruh kilang-kilang yang sudah tua ini. Tujuannya, agar didapat gambaran yang lebih komprehensif terkait dengan angkah mitigasi risiko kebakaran kilang ini.

"Karena terjadi peristiwa serupa berarti jajaran Direksi tidak bisa mengendalikan operasional kilang agar berjalan dengan aman dan sesuai standar," kata Mulyanto.

Wakil Ketua FPKS DPR RI ini menambahkan, kasus kebakaran kilang Pertamina ini sudah terlalu sering. Peristiwanya terus berulang dalam kurun waktu 3-4 bulan.

Karena itu manajemen Pertamina harus membuat program perawatan dan perbaikan kilang secara berkala. Sebab kilang-kilang ini adalah aset vital strategis nasional yang harus dijaga dengan baik. Masih untung kejadian ini tidak mengganggu pasokan BBM nasional.

"Saya rasa Pertamina sudah harus menyusun rencana kerja itu secara lebih akurat berbasis audit komprehensif di atas. Direksi Pertamina jangan cuek-cuek saja atas permintaan Komisi VII DPR RI tersebut," ujar Mulyanto.

Ia meminta PT Pertamina mau mendengar masukan dari para pihak. Sebab, apa yang disampaikan oleh berbagai kalangan untuk kebaikan Pertamina.

"Kalau memang tidak mampu sebaiknya direksi yang mengurus soal ini mundur saja atau diberhentikan. Masak kebakaran kilang jadi rutinitas seperti ini, apalagi sampai menimbulkan korban jiwa. Ketahanan energi nasional kita bisa terancam lemah," tandas Mulyanto.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA