Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bertemu Menkeu Singapura, Prabowo Berperan Pengaruhi Posisi Luar Negeri Indonesia dalam Situasi Kawasan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Rabu, 18 Mei 2022, 04:53 WIB
Bertemu Menkeu Singapura,  Prabowo Berperan Pengaruhi Posisi Luar Negeri Indonesia dalam Situasi Kawasan
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyambut kedatangan Menteri Keuangan Singapura H.E. Lawrence Wong/Ist
rmol news logo Menteri Pertahanan Republik Indonesia Prabowo Subianto menerima kunjungan kehormatan Menteri Keuangan Singapura H.E. Lawrence Wong, Senin (17/5) di Kementerian Pertahanan, Jakarta.

Kunjungan ini bagian dari upaya untuk meningkatkan hubungan kerja sama kedua negara yang sudah terjalin erat.

Pengamat hubungan internasional Dinna Prapto Raharja menilai Menkeu Singapura menemui Menhan Prabowo untuk mencari tahu posisi politik luar negeri Indonesia baik urusan pertahanan keamanan maupun ekonomi lantaran Singapura merupakan negara yang selalu ingin selangkah ke depan dengan negara-negara lain.

"Kedua bidang ini dalam perspektif Singapura tidak bisa dipisahkan (alias saling berkelindan)," ucap Dinna kepada wartawan, Selasa (17/5).

Menurut Pendiri Synergi Policies ini, Prabowo Subianto posisinya tidak bisa dilihat hanya sebatas seorang menteri pertahanan RI semata, tapi dia mampi mempengaruhi kebijakan negara-negara lain terhadap beberapa isu dunia.

"Tetapi bisa dilihat sebagai peranannya memengaruhi posisi luar negeri Indonesia dalam situasi kawasan yang didesak untuk berpihak dalam isu Ukraina-Rusia, AS-China, dan dampaknya pada kerjasama pemulihan ekonomi pasca pandemi," katanya.

Selain itu, lanjut Dinna, Lawrence Wong yang baru saja menjadi Menteri Keuangan Singapura, merepresentasikan kedatangannya menemui Menhan Prabowo sebagai perwakilan negara Singapura untuk membahas isu strategis kedua negara tersebut.

"Ini menunjukkan bahwa Lawrence bukan hanya berkunjung dlm kapasitasnya sebagai Menkeu tetapi sebagai calon pemimpin Singapura," tutup Dinna.

Dalam pertemuan antara Menkeu Singapura Lawrence Wong dengan Menhan Prabowo di Jakarta, membahas berbagai kerjasama dan mengeratkan kembali silaturahmi kedja negara.

“Indonesia memandang Singapura sebagai negara sahabat dan mitra strategis yang penting, salah satu negara tetangga terdekat yang memiliki arti penting bagi kepentingan nasional maupun kepentingan regional Indonesia,” tegas Menhan Prabowo Subianto.

Menhan Prabowo pun optimistis kerja sama pertahanan kedua negara akan terus meningkat di masa yang akan datang dari yang telah terjadi saat ini, seperti di bidang pendidikan serta pelatihan seperti Pertukaran Perwira Staf dan Komando Pelayanan maupun Operasi atau Latihan Safkar Indopura.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA