Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Gerbong Airlangga Telah Memulai Pintu Persaingan Menuju Pilpres 2024

LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Kamis, 19 Mei 2022, 09:16 WIB
Gerbong Airlangga Telah Memulai Pintu Persaingan Menuju Pilpres 2024
Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa bersama Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan/Net
Potensi kemenangan pilpres bagi gerbong-gerbong koalisi yang akan terbentuk diprediksi akan sama besarnya. Termasuk gerbong Koalisi Indonesia Bersatu.

Direktur Eksekutif Median Rico Marbun berpandangan, gerbong Koalisi Indonesia Bersatu yang diisi oleh Partai Golkar, PPP, dan PAN, telah memulai pintu persaingan yang ketat menuju Pilpres 2024.

"Itu konsekuensi logis yang dimulai dari gerbong Pak Airlangga," ujar Rico kepada Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (19/5).

Rico memprediksi, jumlah gerbong koalisi yang akan terbentuk di 2024 nanti tak hanya menghasilkan dua pasangan capres-cawapres saja.

"Saya pikir karena petahana tidak lagi bertarung, calon bisa lebih dari dua justru. Karena banyak yang merasa peluangnya akan seimbang atau sama besar ketimbang menghadapi petahana," tuturnya.

Hanya saja, Rico melihat peluang pembentukan koalisi pilpres bakal menghadapi tantangan di antara parpol-parpol.

"Ya sebenarnya problem besar dari sejarah koalisi-koalisi yang terbentuk di Indonesia itu sisi komitmen dan konsistensi waktu yang kurang jelas," tuturnya.

Meski begitu, paling tidak Rico membaca ada sejumlah parpol dan tokoh di dalamnya yang sudah terlihat dominan sejak seakrang ini.

Dari situ, dia meyakini tokoh-tokoh yang dimaksud bersama parpolnya akan menggaet dukungan parpol-parpol yang terbilang berada di kelas menengah.

"Nanti kan bisa saja ada gerbong Pak Prabowo, Mbak Puan, gerbong Cak Imin, dan sebagainya. Jadi ini alamiah sudah dimulai," demikian Rico.

ARTIKEL LAINNYA