Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kata Qodari, Presiden Jokowi Dilema soal Reshuffle karena Kekuatannya Cuma Setengah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Kamis, 19 Mei 2022, 16:41 WIB
Kata Qodari, Presiden Jokowi Dilema soal Reshuffle karena Kekuatannya Cuma Setengah
Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo/Net
rmol news logo Ada posisi dilematis dialami Presiden Joko Widodo yang hingga kini belum berani merombak komposisi kabinet.

Menurut Direktur Eksekutif Indo Barometer Muhammad Qodari, kendali Presiden Jokowi terhadap menteri Kabinet Indonesia Maju hanya setengah.

"Dari 33 menteri, Presiden Jokowi hanya memilih setengahya, setengahnya lagi ditentukan ketua umum parpol. Jadi kalau berharap (lebih) dengan kinerja menteri sekarang, sama saja dengan mimpi," kata Qodari lewat keterangannya, Kamis (19/5).

Menurutnya, desain politik sekarang kurang memberikan ruang bagi Presiden untuk menentukan seorang menteri tanpa harus konsultasi dengan ketua umum parpol.

Sehingga ketika seorang menteri yang diusulkan ketua umum parpol tidak bisa bekerja, Presiden sulit menggantinya karena ada dukungan partai politik.

"Ketika dia didukung kekuatan politik, apa kemudian saya bisa mengganti? Ya tidak bisa. Suka tidak suka, itulah realitas dan situasi dan kondisi sekarang. Rekomendasinya perbaiki sistemnya,” demikian Qodari. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA