Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

LSJ: Prabowo Subianto Raih Elektabilitas Tertinggi di Kalangan Pemilih Pemula

LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Kamis, 19 Mei 2022, 21:50 WIB
LSJ: Prabowo Subianto Raih Elektabilitas Tertinggi di Kalangan Pemilih Pemula
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto/Net
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto merupakan capres yang paling banyak menjadi pilihan generasi digital natives, mengungguli Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Hal tersebut menjadi temuan survei yang dirilis Lembaga Survei Jakarta (LSJ) dalam diskusi virtual, Kamis (19/5).

"Sebanyak 24,9 persen generasi digital natives mengaku akan memilih Prabowo Subianto jika Pilpres dilaksanakan hari ini," kata peneliti LSJ Fitra Ardianto.

"Kemudian 20,6 persen mengaku akan memilih Anies Baswedan, lalu 12,4 persen memilih Ganjar Pranowo," imbuhnya.

Dikatakan Fitra, Prabowo dipilih karena dianggap sebagai sosok pemimpin yang mampu menyelesaikan problematika bangsa, memahami geopolitik global, dan diyakini sebagai sosok negarawan yang mementingkan kepentingan negara dan bangsa di atas kepentingan apapun.

"Indikator itu yang menjadi dasar generasi digital natives atau milenials menjatuhkan pilihannya kepada Prabowo jika pilpres dilaksanakan hari ini" katanya.

Menurutnya, terdapat dua faktor yang membuat Prabowo justru menjadi pilihan generasi digital natives meskipun Menteri Pertahanan itu masih jarang menyapa mereka di medsos.

Pertama, generasi digital natives adalah kelompok manusia rasional. Mereka memilih Prabowo karena pertimbangan rasional atau bukan kedekatan emosional).

"Diantaranya mereka mempersepsikan Prabowo sebagai seorang negarawan yang paham dan mampu mengatasi berbagai masalah ekonomi, termasuk masalah lapangan kerja yang paling menjadi perhatian dan dibutuhkan anak muda," terangnya.

Kedua, kata dia, jarangnya Prabowo berpolemik atau memicu polemik di medsos maupun di panggung politik nasional akhir-akhir, justru diapresiasi para netizen yang mayoritas merupakan anak-anak digital natives.

Begitu juga, safari idulfitri yang dilakukan Prabowo dengan menemui sejumlah tokoh nasional dan ulama senior nampaknya juga diapresiasi positif oleh generasi digital natives.

Generasi digital natives adalah generasi yang lahir berdampingan dengan teknologi informasi atau generasi di bawah usia 35 tahun.

Berdasarkan data BPS 2021, proporsi generasi ini mencapai 43 persen dari total populasi Indonesia dan sebagian besar dari mereka akan menjadi pemilih pemula dalam Pemilu 2024 nanti.

ARTIKEL LAINNYA