Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Saleh Daulay: Kalau Cak Imin Mau Jadi Capres Bikin Koalisi Sendiri Saja

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Senin, 23 Mei 2022, 14:45 WIB
Saleh Daulay: Kalau Cak Imin Mau Jadi Capres Bikin Koalisi Sendiri Saja
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar/Net
rmol news logo Partai Amanat Nasional (PAN) menyambut baik keinginan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin bergabung dengan Koalisi Indonesia Bersatu yang digawangi Golkar, PAN, dan PPP.

Ketua Fraksi PAN Saleh Partaonan Daulay yakin bergabungnya PKB akan membuat pemikiran, gagasan, dan ide-ide besar dalam merumuskan masa depan Indonesia semakin baik.

“Semakin banyak yang berkontribusi, maka semakin besar manfaat yang akan diperoleh,” katanya kepada wartawan di Jakarta, Senin (23/5).

Sebab, Koalisi Indonesia Beraatu ini didasarkan atas kesamaan dan keinginan bersama untuk membawa perubahan yang lebih baik. Karena itu, dasarnya adalah pokok-pokok pikiran dan gagasan dari sebanyak mungkin elemen masyarakat. Terutama tentu saja dari partai-partai politik.

Saleh menambahkan, Koalisi Indonesia Bersatu ini bersifat terbuka kepada partai politik mana pun untuk bergabung dan memberikan pandangan serta gagasan.

Bagi PAN, kata dia, tentu sangat senang jika ada pemimpin partai politik yang ingin bergabung. Itu mengisyaratkan bahwa Koalisi Indonesia Bersatu ini benar-benar diperhitungkan.

"Kalau Cak Imin mau gabung, ya kita tentu senang. Tetapi, terlalu cepat jika memberikan persyaratan khusus. Apalagi, persyaratan itu menyebutkan harus dicalonkan menjadi capres,” tuturnya.

Saleh mengurai bahwa sejauh ini Koalisi Indonesia Bersatu belum mendiskusikan masalah capres. Prosesnya saat ini adalah menghimpun gagasan dan pemikiran dari semua pihak. Termasuk melihat dan mereview perkembangan elektabilitas dan akseptabilitas calon-calon yang akan bertarung di 2024 nanti.

Jika Cak Imin ingin menjadi capres dalam Koalisi Indonesia Bersatu, maka Saleh menyarankan untuk Cak Imin membentuk poros koalisi sendiri bersama parpol yang lain. Meskipun Ketua DPP PAN ini meyakini bahwa Cak Imin hanya melemparkan jokes atau candaan semata.

"Cak Imin itu kelihatannya hanya bercanda saja. Mungkin saja PKB sudah ada kesepakatan dengan partai lain. Justru, kita juga akan senang jika Cak Imin bisa dapat tiket dari koalisi dengan partai-partai lain. Artinya, harapan kita akan muncul lebih dari 2 pasangan calon dapat terwujud,” katanya.

"Kalau Cak Imin yakin, saya kira masih terbuka lebar peluang untuk maju. Tinggal membentuk koalisi saja. Kalau membentuk yang baru, bisa bikin persyaratan sendiri,” demikian Saleh Daulay. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA