Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Jokowi Belum Terbuka Dukung Ganjar, Masih Ingin Jaga Relasi dengan PDIP

LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Selasa, 24 Mei 2022, 07:55 WIB
Jokowi Belum Terbuka Dukung Ganjar, Masih Ingin Jaga Relasi dengan PDIP
Presiden Joko Widodo kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo/Net
Dukungan yang diberikan Presiden Joko Widodo kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk maju pada Pilpres 2024 belum betul-betul terbuka. Ini lantaran mantan walikota Solo itu masih menjaga relasinya dengan PDI Perjuangan dan para menterinya yang juga ingin mengikuti kontestasi.

Pengamat komunikasi politik Universitas Padjadjaran (Unpad), Dadang Rahmat mengatakan, pernyataan Jokowi di acara Rakernas V Relawan Pro Jokowi (Projo) dianggap menjadi sinyal bahwa Jokowi mendukung Ganjar di Pilpres 2024 mendatang.

Namun demikian, Dadang yang juga merupakan Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Unpad ini menilai ada dua kemungkinan, yaitu Ganjar merupakan salah satu tokoh yang didukung Jokowi, atau bisa juga Ganjar merupakan satu-satunya tokoh yang didukung Jokowi.

"Ini bisa satu-satunya, bisa salah satu. Tapi, ini belum betul-betul terbuka. Sudah dibuka, tapi belum betul-betul terbuka," ujar Dadang kepada Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (24/5).

Menurut Dadang, sikap Jokowi yang belum betul-betul terbuka mendukung salah satu tokoh untuk maju di Pilpres 2024 bertujuan untuk menjaga relasinya dengan banyak pihak.

"Karena untuk menjaga, menjaga relasi dengan posisi Jokowi sebagai presiden, atau sebagai orang yang didukung oleh PDIP. Jadi sebetulnya mungkin pada posisi mencoba untuk tetap menjaga relasi itu, jadi belum berlawanan (dengan PDIP)," pungkas Dadang.

ARTIKEL LAINNYA