Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

DPR dan Pemerintah Belum Temukan Titik Temu Soal Lembaga Pengawas Perlindungan Data Pribadi

LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Selasa, 24 Mei 2022, 15:48 WIB
DPR dan Pemerintah Belum Temukan Titik Temu Soal Lembaga Pengawas Perlindungan Data Pribadi
Ketua Panitia Kerja (Panja) RUU PDP, Abdul Kharis Almasyhari/RMOL
Hingga saat ini belum ada kesepakatan antara Komisi I DPR RI dengan pemerintah mengenai Lembaga Pengawas Perlindungan Data Pribadi (PDP). Untuk itu, dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) yang membahas RUU PDP akan mencari kesepakatan mengenai Lembaga Pengawas PDP.

Begitu disampaikan Ketua Panitia Kerja (Panja) RUU PDP, Abdul Kharis Almasyhari, kepada wartawan di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (24/5).

"Titik temunya belum ada, tapi kita sepakat untuk mencari titik temu, tentunya ada pada pembahasan," kata Abdul Kharis.

"Nah, dalam komunikasi dengan pemerintah dalam hal ini Kementerian Kominfo, kita sepakat untuk mencari titik temu terhadap masalah badan atau lembaga pengawas perlindungan data pribadi ini dan mudah-mudahan hari ini kita akan mulai melanjutkan pembahasan DIM dari RUU PDP," sambungnya.

Politikus PKS ini menjelaskan, sebetulnya separuh dari Daftar Inventarisasi Masalah (DIM) sudah bisa diselesaikan. Hanya saja, kesepakatan soal lembaga pengawas belum menemukan titik temu untuk bisa segera disepakati.

“Sehingga kalau ini bisa diselesaikan maka DIM sisanya akan secepatnya diselesaikan dan Undang-undang Perlindungan Data Pribadi mudah-mudahan bisa segera disahkan,” pungkasnya.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA