Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Melalui Politik Gagasan, Golkar Optimis Demokrasi Indonesia Lebih Maju Ketimbang Amerika Serikat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Selasa, 24 Mei 2022, 18:07 WIB
Melalui Politik Gagasan, Golkar Optimis Demokrasi Indonesia Lebih Maju Ketimbang Amerika Serikat
Ketua DPP Partai Golkar, Dave Laksono/RMOL
rmol news logo Perbaikan demokrasi di Indonesia yang lebih baik dengan menyajikan politik elektoral yang berbasis gagasan dikedepankan Partai Golkar besama poros Koalisi Indonesia Bersatu.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Ketua DPP Partai Golkar, Dave Laksono mengatakan, strategi yang digunakan poros Koalisi Indonesia Bersatu adalah "politik gagasan".

"Jadi politik gagasan yang disampaikan itu penting yang harus kita terus dorong dan kembangkan," ujar Dave Laksono dalam diskusi di Bilangan Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (24/5).

Menurut Dave, Indonesia merupakan negara demokrasi terbesar di Asia Tenggara bahkan masuk lima besar di dunia. Sehingga, politik elektoral yang akan dilaksanakan pada 2024 mendatang haruslah menjadi contoh negara-negara lain.

Maka dari itu, konsep strategi politik gagasan bakal menghidarkan potensi perpecahan di masyarakat akibat dari cara-cara yang tidak sehat, seperti politik identitas.

"Karena itu hanya akan memecah belah dan berakhir pada perseteruan. Inilah salah satu alasan mengapa koalisi ini terbentuk sejak awal," katanya.

Maka dari itu, Dave meyakini demokrasi Indonesia akan menjadi lebih baik. Karena dari sisi praktis sistem demokrasi yang terbangun di Indonesia lebih dulu terjadi ketimbang negara lain.

Sebagai contoh, Dave menyebutkan sejumlah momen perubahan sistem demokrasi di Indonesia dengan Amerika Serikat.

"Misalnya, kita punya DPR di tahun 98. Dia (Amerika Serikat) 2008 baru keluar. Tahun 98 DPR diduduki mahasiswa (di Indonesia), sedangkan mereka baru tahun 2020," paparnya.

"Jadi sebenarnya kita sebagai negara demokrasi sudah sangat maju, sudah mengalami berbagai macam gejolak. Sehingga mesti dewasa dan menjadi contoh, dan menjadi pemimpin di regional dan global," tandas Dave Laksono. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA