Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Berkunjung ke Sumenep, Sandiaga Uno Pilih Keris Aeng Tongtong Sebagai Suvenir G20 di Bali

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Rabu, 25 Mei 2022, 15:48 WIB
Berkunjung ke Sumenep, Sandiaga Uno Pilih Keris Aeng Tongtong Sebagai Suvenir G20 di Bali
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno berkunjung ke Desa Wisata Keris Aeng Tongtong, Kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur/Net
rmol news logo Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno berkunjung ke Desa Wisata Keris Aeng Tongtong, Kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Selasa (24/5).

Pada kunjungannya itu, Sandiaga mendengar curhatan pengerajin keris atau empu perempuan satu-satunya di Sumenep, Ika Arista (31). Empu Ika sapaannya, ingin merubah citra keris yang terkesan mistis dan kuno.

Harapannya, kata Mpu Ika, keris yang lebih diperbaharui citranya akan bisa lebih masuk ke kalangan milenial.

Mendapat cerita itu, Sandiaga Uno memberikan solusi dengan mengajak pembuat karakter pahlawan pada film seperti Gundala dan Gatot Kaca untuk mempadukan keris sebagai ikon.

"Jadi kita akan membumikan keris ini ke kalangan milenial sehingga menjadi kekinian," ujar Sandiaga.

Sandiaga mengaku akan datang langsung menemui pemilik IP Rights karakter pahlawan tersebut, untuk mempromosikan bahwa keris ini adalah bagian dari kekinian juga.

"Jadi bukan hanya para empu-empu zaman dahulu, tapi sekarang juga sudah ada empu-empu yang SD yang bisa dipadupadankan dengan karakter heroes yang ada di animasi maupun film-film terkini," tuturnya.

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra ini juga memutuskan untuk menjadikan keris dari Desa Aeng Tongtong sebagai suvenir untuk G20 Indonesia. Hal itu sebagai bentuk penghargaan bagi para pengerajin atau empu di Desa Aeng Tongtong.

"Tadi kami terhubung SNKI (Serikat Nasional Keris Indonesia) untuk memastikan bahwa keris-keris di Aeng Tongtong ini menjadi komoditas unggulan kita, produk ekonomi kreatif kita dan akan menjadi suvenir-suvenir yang akan dijadikan salah satunya untuk perhelatan G20," terangnya.

Selain itu, Sandiaga juga melihat potensi wisata yang menjadi daya tarik pada Desa Wisata Keris Aeng Tongtong ini diantaranya memiliki wilayah daratan tinggi dan sebagian besar daratan rendah berupa pegunungan dan perbukitan.

Selain itu adapula paket wisata edukasi pembuatan keris dan panjemasan keris atau kegiatan tahunan untuk pencucian benda pusaka yang dilakukan setiap memasuki bulan suro.

Adapun kunjungan Sandiaga Uno dalam rangka program Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. Kedatangan Sandiaga Uno di Desa Wisata Keris Aeng Tongtong merupakan awal kunjungannya ke 50 desa wisata terbaik tahun ini. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA