Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jajal Topeng Dalang, Sandiaga Uno Yakin Warisan Budaya Sumenep Bisa Go International

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Rabu, 25 Mei 2022, 17:50 WIB
Jajal Topeng Dalang, Sandiaga Uno Yakin Warisan Budaya Sumenep Bisa <i>Go International</i>
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengenakan topeng hijau saat mencoba Tarian Topeng Dalang di Sumenep, Jawa Timur/Ist
rmol news logo Hasil karya Topeng Dalam sebagai warisan budaya Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, memiliki nilai yang luar biasa untuk bisa go international.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Hal tersebut dikatakan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno saat menghadiri Workshop Kabupaten-Kota (KaTa) Kreatif di Tanean Cafe, Kebunan, Sumenep, Jawa Timur.

Workshop KaTa Kreatif kali ini mengangkat tema "Menciptakan Strategi Bisnis yang Unik untuk Produk Otentik Agar Semakin Dilirik Demi Cuan yang Asyik".

Pada acara itu, Sandiaga Uno menyaksikan Sairun, salah satu peserta workshop memperlihatkan hasil kriya Topeng Dalang Sumenep miliknya. Sairun juga meminta bantuan pengadaan sanggar lantaran aktif pula sebagai seniman Tari Topeng Dalang Sumenep.

Mendapat permintaan itu, Sandiaga Uno pun menyanggupi. Dia akan berkolaborasi dengan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) untuk menghadirkan sanggar untuk Topeng Dalang.

"Ternyata solusinya ada di depan mata kita, yaitu kolaborasi. Tadi Hipmi menyediakan sanggarnya jadi tidak perlu pake lama, tidak perlu pakai anggaran pemerintah, sanggarnya bisa dihadirkan di sini," ujar Sandiaga, Selasa (24/5).

Soal pemasaran produk, Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra ini juga menekankan pentingnya kolaborasi. Yakni, lewat peran pemerintah kabupaten maupun pemerintah pusat.

"Sehingga nanti topeng dan tarian dari Pak Sairun dan tim bisa juga bukan hanya go national tapi juga go international," ujar Sandiaga.

Dalam kesempatan ini, Sandiaga menyempatkan belajar dan mencoba Tarian Topeng Dalam Sumenep. Dia juga sempat ditantang melukis topeng buatan Sairun. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA