Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Wujudkan Organisasi Mandiri, Presiden KAI: Peserta Rakernas di Bali Dibebaskan dari Biaya

LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Rabu, 25 Mei 2022, 19:33 WIB
Wujudkan Organisasi Mandiri, Presiden KAI: Peserta Rakernas di Bali Dibebaskan dari Biaya
Presiden Kongres Advokat Indonesia Tjoetjoe Sandjaja Hernanto/Net
Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kongres Advokat Indonesia (KAI) 2022 yang akan digelar di Bali 30 Mei nanti diselenggarakan tanpa pungutan biaya serupiahpun dari anggotanya.

Presiden Kongres Advokat Indonesia Tjoetjoe Sandjaja Hernanto mengatakan, acara yang dibebaskan dari biaya itu untuk membuktikan organisasi advokat yang dipimpinnya adalah organisasi yang mandiri.

"Anggota kita yang hadir di venue rakernas semuanya gratis karena KAI saat ini sudah menjadi organisasi advokat yang mandiri. Biaya penyelenggaraan rakernas seluruhnya ditanggung oleh Dewan Pimpinan Pusat Kongres Advokat Indonesia," terang Tjoetjoe di Jakarta, Rabu (25/5).

Rakernas KAI, kata dia, akan membahas masa depan dunia advokat. Utamanya, cara organisasi advokat dapat meningkatkan kualitas anggotanya sehingga mampu bermanfaat bagi penegakan hukum dan akses keadilan terhadap seluruh lapisan masyarakat.

Tjoetjoe yang juga pendiri Kantor Hukum Officium Nobile IndoLaw dan aplikasi LawyerKu dan LawfirmKu menambahkan, pihaknya juga akan membahas tentang kewenangan advokat yang akan diperjuangkan melalui parlemen dan pemerintah. Sekaligus, membahas tentang hak imunitas para advokat yang saat ini sering diabaikan oleh penegak hukum lainnya.

"Kondisinya saat ini masih banyak masyarakat yang susah mendapatkan akses keadilan, belum melek hukum, dan kualitas serta kompetensi advokat juga harus terus ditingkatkan. Rencananya pada rakernas KAI di Bali hari Senin depan akan membahas ini semua," terangnya.

"Sehingga advokat-advokat yang tergabung di Kongres Advokat Indonesia bisa punya kemampuan lebih untuk mendekat pada akses keadilan bagi semua lapisan masyarakat dan di saat yang sama rekan-rekan sejawat mendapatkan perlindungan ketika menjalankan tugas profesinya," imbuhnya.

Rakernas KAI tahun 2022 yang direncanakan digelar di Bali dan akan dihadiri oleh kurang lebih seribu peserta yang datang dari Aceh hingga Papua.

Rangkaian kegiatan rakernas akan dimulai dengan makan malam peserta rakernas bersama Gubernur Bali I Wayan Koster pada 29 Mei mendatang. Rakernas juga dilaksanakan dalam rangka merayakan 14 tahun usia KAI eksis di dunia advokat tanah air.

"Advokat-advokat KAI yang datang dari seluruh Indonesia akan disambut dengan jamuan makan malam oleh Gubernur Bali, I Wayan Koster, dan pada hari H pelaksanaan rakernas, sekaligus Pak Gubernur Bali akan memberikan sambutannya dihadapan para peserta Rakernas," pungkasnya.

ARTIKEL LAINNYA