Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Airlangga: Ekonomi Indonesia Tumbuh Signifikan Berkat Kebijakan People-First

LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Jumat, 27 Mei 2022, 08:22 WIB
Airlangga: Ekonomi Indonesia Tumbuh Signifikan Berkat Kebijakan People-First
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto/Ist
Usaha pemerintah dalam memulihkan perekonomian Indonesia melalui berbagai kebijakan kini mulai menunjukkan hasilnya. Kini, pertumbuhan ekonomi di kuartal pertama tahun 2022 mencapai 5,01 persen, lebih tinggi dari negara G20 lain termasuk Jerman dan Tiongkok.

“Pencapaian pertumbuhan ekonomi yang signifikan ini didukung oleh kebijakan pemerintah yang bersifat people-first," kata Airlangga dalam keterangan tertulisnya, Jumat (27/5).

Pada kebijakan ini, pemerintah menempatkan diri sebagai masyarakat. Pemerintah mempertimbangkan dampak yang akan dirasakan masyarakat akibat keputusan-keputusan yang akan dan telah diterapkan.

Salah satu contohnya adalah kebijakan pemberian bantuan tunai kepada para pedagang kaki lima, pemilik warung, dan nelayan (BT-PKLWN) yang diinisiasi untuk membantu pelaku UMKM sekaligus mendorong konsumsi masyarakat.

Selain itu, ada program Kartu Prakerja yang bersifat semi bansos dan diinisiasi pemerintah untuk reskilling dan upskilling masyarakat di masa pandemi.

Kartu Prakerja ini manfaatnya berhasil diterima oleh 11,4 juta penerima. Untuk siswa sekolah, pemerintah memberikan bantuan kuota internet gratis guna menjamin ketersediaan pendidikan di masa pandemi

“Pemerintah memprioritaskan masyarakat, kami berinvestasi di dalamnya dan memastikan kepercayaan mereka. Jika masyarakat mempercayai pemerintah, maka masyarakat tersebut akan menjadi investasi paling berharga bagi sebuah negara,” ungkap Menko Airlangga.

Lebih lanjut, Menko Airlangga menegaskan, pendekatan people-first tidak hanya berlaku pada masa krisis. Di bidang tenaga kerja, pendidikan, kesehatan, dan layanan sosial, pendekatan ini dapat menjadi kekuatan penuntun di balik upaya pembangunan.

Hal ini terlihat pada kebijakan lingkungan hidup. Pemerintah mendengarkan keluhan dari keluarga berpenghasilan di bawah ancaman nyata perubahan iklim.

Hasilnya, dalam dua tahun terakhir Indonesia berhasil mengurangi deforestasi hingga 80 persen.
EDITOR: DIKI TRIANTO

ARTIKEL LAINNYA