Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Survei PSI: Airlangga Hartarto, Menteri Paling Diminati Jadi Presiden 2024

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Jumat, 27 Mei 2022, 13:58 WIB
Survei PSI: Airlangga Hartarto, Menteri Paling Diminati Jadi Presiden 2024
Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto/Net
rmol news logo Nama Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto paling diminati di antara para menteri lain yang berminat dan berencana maju pada Pilpres 2024.

Dalam survei yang dirilis Panel Surya Indonesia, Airlangga lebih dipilih ketimbang  Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Koordinator Panel Surya Indonesia (PSI), Permadi Yuswiryanto mengurai bahwa mayoritas responden atau sebesar 40,8 persen memilih Menko Airlangga. Sementara Menhan Prabowo membuntuti dengan 32,2 persen, disusul Sandiaga dengan 7,7 persen dan Erick Thohir sebesar 2,7 persen.

“Yang tidak memilih sebanyak 16,5 persen," ujarnya kepada wartawan, Jumat (27/5).

Pertanyaan survei lantas berlanjut pada pemetaan preferensi politik masyarakat   terhadap sosok tokoh yang akan dipilih jika pemilihan presiden digelar pada hari ini.

Jawaban mayorita bertumpu pada sosok Airlangga dengan persentase 19,9 persen. Selanjutnya adalah Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa (14,3 persen) , Prabowo Subianto (9,6 persen), Ganjar Pranowo (9,2 persen), Sri Mulyani (5,7 persen), Anies Baswedan (3,7 persen).

Selanjutnya ada Khofifah Indarparawansa (3,6 persen), Agus Harimurti Yudhoyono (3,2 persen) Puan Maharani (2,2 persen), Ridwan Kamil (1,8 persen), Muhaimin Iskandar )1,7 persen), Sandiaga Uno (1,4 persen), dan Erick Thohir (0,8 persen). Sementara yang tidak memilih sebanyak 22,9 persen,” ucapnya.

Permadi Yuswiryanto menekankan bahwa peningkatan elektabilitas Airlangga dinilai mempunyau andil kuat dalam mengangkat nama Partai Golkar. Sebab hasil survei nasional pemetaan preferensi politik pada masyarakat terhadap parpol jelang Pemilu Serentak 2024 menghasilkan hanya tujuh partai politik yang memiliki tingkat elektabilitas berada di atas 4 persen.

Partai Golkar berada di puncak dengan 16,9 persen. Kemudian disusul PDIP 16,2 persen, Gerindra 16,1 persen, Nasdem 6,4 persen,  PKS 5,6 persen, Demokrat 5,2 persen, dan PKB 4,7 persen.

Adapun PAN, PPP dan partai lainnya berada di bawah 4 persen.

Survei digelar pada rentan 6 hingga 20 Mei 2022 melalui wawancara via telepon. Survei melibatkan 2160  responden di seluruh Indonesia dengan menggunakan metode simple random sampling. Margin of error sebesar 2,11 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA