Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

50 Calon Anggota Komnas HAM Lanjutkan Tahap Seleksi ke Dialog Publik

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 27 Mei 2022, 14:56 WIB
50 Calon Anggota Komnas HAM Lanjutkan Tahap Seleksi ke Dialog Publik
Komnas HAM/Net
Sebanyak 50 orang pendaftar calon anggota Komnas HAM RI periode 2022-2027 dinyatakan lolos seleksi untuk tes tertulis yang sudah berlangsung pada 13 Mei 2022 lalu.

Menurut Ketua Panitia Seleksi, Prof. Dr. Makarim Wibisono tes tertulis diikuti oleh 96 peserta yang telah lolos tahap seleksi administrasi. Tes tertulis sendiri dilakukan melalui aplikasi Portal Asesmen Terpadu (Poster) Kementerian Sekretariat Negara.

Lewat keterangannya yang diterima redaksi pada Jumat (27/5), sebanyak 50 calon yang lolos itu berasal dari 11 wilayah.

DKI Jakarta (16 orang), Jawa Barat (16 orang), Banten (4 orang), Jawa Tengah (3 orang), Jawa Timur (3 orang), Yogyakarta (3 orang), Riau (1 orang), Sumatera Utara (1 orang), Kalimantan Selatan (1 orang), Sulawesi Utara (1 orang), dan Nusa Tenggara Timur (1 orang).

"Dari sisi gender, terdapat 9 pendaftar perempuan dan 41 laki-laki, atau sekitar 18 persen kaum perempuan telah lolos tahapan seleksi tertulis," ujar Makarim.

Adapun latar belakang profesi calon anggota yang lolos cukup beragam, mulai dari aktivis, advokat, akademisi, jurnalis, ASN, Polri, pegawai swasta, hingga tenaga kesehatan.

Setelah lolos dari tes tertulis, mereka yang lolos akan mengikuti Dialog Publik secara tatap muka di Jakarta pada 8 hingga 9 Juni 2022.

Usai Dialog Publik, peserta selnajutnya akan mengikuti tahapan psikotes, tes kesehatan, dan wawancara.

"Bersamaan dengan proses ini, Panitia Seleksi mengharapkan partisipasi dari seluruh masyarakat Indonesia untuk memberikan masukan dan/atau informasi terkait rekam jejak para pendaftar yang lolos seleksi tes tertulis objektif dan penulisan makalah sampai dengan 25 Juli 2022," lanjut keterangan tersebut.

Masukan dapat disampaikan melalui aman https://www.komnasham.go.id/seleksi-anggota atau secara fisik ke Sekretariat Pansel di Kantor Komnas HAM.

ARTIKEL LAINNYA