Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Soal Banjir Rob Jateng, Begini Peringatan Megawati untuk Ganjar

LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Jumat, 27 Mei 2022, 18:53 WIB
Soal Banjir Rob Jateng, Begini Peringatan Megawati untuk Ganjar
Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto di Lapangan Parkir Timur Senayan, Gelora Bung Karno, Jumat (27/5)/RMOL
Ketua Umum PDI Pejuangan Megawati Soekarnoputri berpesan kepada Gubenur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo terkait situasi di Jateng terkini yakni soal adanya banjir rob di wilayah Semarang.

Megawati minta Ganjar proaktif menjalin kerja sama internasional dalam menghadapi global warming. Pasalnya, banjir rob merupakan salah satu fenomena alam yang antara lain disebabkan akibat naiknya permukaan air laut akibat global warming.  

“Sehingga Ibu Mega mengingatkan seluruh kepala daerah PDIP wajib menaruh perhatian terhadap dampak global warming tersebut,” kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto kepada wartawan di Lapangan Parkir Timur Senayan, Gelora Bung Karno, Jakarta pada Jumat sore (27/5).

Hasto menambahkan, tidak hanya Ganjar, pihaknya juga diminta untuk proaktif dalam mencegah dampak-dampak dari global warming. Itulah mengapa di beberapa kegiatan PDIP selalu sarat dengan pesan-pesan ekologi.

“Namanya banjir rob itu Ibu mengingatkan hari ini dalam pidato PBB dalam mitigasi bencana akibat global warming akibat kenaikan muka air laut itu sangat nyata dan akan diikuti oleh kerawanan pangan,” katanya.

“Kita harus bekerjasama dengan seluruh kekuatan internasional menghadapi global warming. Ketidakpastian iklim yang kemudian munculnya bencana baru akibat kerusakan ekologi yang sangat parah,” demikian Hasto.

Banjir rob setinggi 1,5 meter merendam kawasan Pelabuhan Tanjung Emas dan sebagian wilayah Kota Semarang sejak Senin (23/5). Tak hanya itu, banjir rob juga merendam belasan kabupaten kota di pesisir pantai utara Jawa Tengah.

Data BPBD Jawa Tengah per Selasa (24/5), pukul 12.00 WIB mencatat sebanyak 13 daerah di Jawa Tengah dilanda banjir rob sejak Senin kemarin, (23/5).

ARTIKEL LAINNYA